Mohon tunggu...
Wildan
Wildan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/anggota kelas/kelas internasional/Universitas islam negeri Sulaiman Idris Samarinda

Membaca/melankolis/ pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nilai-Nilai Luhur Sila Pertama Pancasila

28 November 2022   14:57 Diperbarui: 28 November 2022   15:06 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila merupakan sebuah ideologi juga sekaligus sebagai dasar negara republik Indonesia, yang mana mula terbentuknya Pancasila ini berawal dari perjuangan para tokoh pahlawan Indonesia atas dasar kepentingan Bersama dan untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara, dan dalam siding BPUPKI yang diketuai oleh K.R.T Radjiman wedyodiningrat, tiga tokoh besar pahlawan Indonesia menyampaikan gagasannya terkait rumusan Pancasila yaitu : Muhammad Yamin, Prof. Dr. Mr. Soepomo, Ir. Soekarno dan dari gagasan mereka dipilihlah gagasan yang dikemukakan oleh Soekarno yang disampaikan dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945, sehingga dipilihlah hari tersebut sebagai hari lahirnya Pancasila, di dalam gagasan-gagasan yang dibuat Soekarno ini disempurnakan lagi didalam sidang PPKI yang mana penyempurnaannya itulah sila-sila yang Sekarang berlaku, dan didalam sila-sila tersebut terdapat nilai-nilai luhur dari masing-masing sila, dalam pembahasan ini nilai luhur yang akan dibahas ialah nilai luhur pada sila pertama.

Sila pertama Pancasila berbunyi "Ketuhanan yang Maha Esa" dalam sila tersebut dapat kita temukan sebuah makna yang menyangkut tentang keimanan atau kepercayaan seseorang, makna tersebut menjelaskan bahwasanya setiap orang berhak untuk menyakini tentang eksistensi Tuhan dalam sebuah agama, mematuhi segala hukum dan aturan yang ada dalam sebuah agama, dan setiap orang bebas untuk memilih agama tanpa adanya sebuah paksaan. Dan didalam sila pertama ini terdapat beberapa nilai luhur yang harus kita pahami dan diimplementasikan dalam kehidupan nilai tesebut meliputi:

1.Nilai keimanan

Nilai ini merupakan pondasi awal dari segala nilai yang ada dalam Pancasila dan nilai ini pula yang mengantar pada terbinanya karakteristik manusia, dikarenakan dalam nilai ini meliputi Tindakan moral atau tingkah laku manusia dalam berkehidupan, seperti yang kita ketahui Bersama bahwasanya perilaku moral manusia bergantung pada seberapa dalam keimanannya terhadap ajaran agama dan perintah tuhan.

2.Nilai toleransi

Sikap toleransi dalam kehidupan sangatlah penting dan juga hal ini menyangkut dalam aspek keagamaan, sikap bertoleransi merupakan perintah Allah SWT sebagaimana yang tercantum dalam surah Al-Kafirun: "Bagimu agamamu dan bagiku agamaku" (Al-Kafirun ayat 6).

Dan juga sebagaimana yang terdapat dalam surah al-hujurat ayat 13:

"Hai manusia sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal, sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu ialah yang paling bertaqwa diantara kamu, sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal"

Dua ayat tersebut menjadi landasan bagi kita untuk menjalani kehidupan ini secara rukun dan damai tanpa adanya perseturuan diantara perbedaan yang ada.

3.Nilai penghormatan

Dalam nilai ketiga ini masih memiliki kaitan dengan nilai kedua yang menyangkut tentang sikap menghormati dan menghargai antar sesama, sikap menghormati dan menghargai ini merupakan sebuah nilai yang penting dalam aspek kehidupan, dikarenakan hal tersebut sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian umat manusia dalam perbedaan agar tidak terjadi perseturuan dan pertikaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun