Mohon tunggu...
Wiki Ahmad Fauji
Wiki Ahmad Fauji Mohon Tunggu... Schoolboy

Be myself

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dampak Bullying pada Psikologis

25 November 2019   12:04 Diperbarui: 26 November 2019   16:59 1099 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Bullying pada Psikologis
Ilustrasi

Ketika mendengar kata bully, Pasti ada rasa prihatin dan kesal dalam diri. Tak terbayang dampak psikologis korban yang pasti tidak dipikirkan oleh para pelaku, Atau bahkan para pelaku bullying memiliki masalah dalam dirinya.

Dilansir dari stopbullying.gov disebutkan bahwa tindak bullying dapat memengaruhi korban, pelaku, dan pihak yang menjadi saksi tindak bullying itu sendiri. Bullying juga bisa berdampak negatif pada kesehatan mental. Dari bullying ini akan ada dampak yang sangat besar yang dihasilkan, yaitu:

1. Depresi

Bully bisa mengakibatkan depresi berkepanjangan. Hal ini mengakibatkan para korban bully merasa ditekan namun tidak bisa melawan dan akhirnya menyebabkan depresi dan merasakan ketakutan juga tidak nyaman.

2. Gangguan Kecemasan

 Ketika seseorang dibully dan mengalami permasalahan maka dia akan terus terbayang dan akhirnya merasa cemas. Mereka akan merasa selalu salah untuk melakukan berbagai hal karena ujungnya ia akan mengira bahwa pembullyan merupakan hasil akhirnya.

3. Mengucilkan diri

Mengucilkan diri sudah menjadi ciri khas korban bully. Para korban bully menyendiri karena merasa tidak ada satupun orang yang dapat dipercaya.

4. Konsep diri yang buruk

 Ketika mendapatkan sikap bully maka dia akan menjadi seseorang yang bersikap sangat buruk. Hal ini karena ia merasa trauma dan merasa bahwa wajar melakukan hal tersebut. Semua sifat, perilaku, persepsi dan semua yang anda pikirkan tentang bullying atau korban pikirkan akan sama dengan pelaku.

5. Rasa ingin Bunuh diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x