Mohon tunggu...
Wikan Widyastari
Wikan Widyastari Mohon Tunggu... Ordinary Mom

A proud mother 0f 3

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Mendidik Anak agar Berprestasi

19 Agustus 2020   06:51 Diperbarui: 19 Agustus 2020   06:42 94 10 0 Mohon Tunggu...

Sebagai orangtua, tentu akan bahagia sekali jika memiliki anak-anak yang berprestasi dan berakhlaq mulia. Mengisi masa muda dengan banyak kegiatan yang bermanfaat, memiliki keahlian dalam bidang yang disukai, sehingga banyak achievement bisa di raih.

Di jaman milenial ini, gangguan dan godaan terhadap anak-anak begitu banyak dan mengkhawatirkan, tentu tidak mudah mendidik anak agar menjadi pribadi yang tangguh, berakhlak mulia, sekaligus memiliki banyak prestasi. 

Diperlukan upaya yang sungguh-sungguh, fokue dan memiliki ilmu yang cukup bagi orangtua agar mampu menjalankan tugasnya dalam mendidik anak-anaknya. Menjadi orangtua pembelajar adalah suatu keharusan,

Sebagai ibu dari 3 orang anak yang, Alhamdulillah, memiliki banyak prestasi, saya ingin berbagi tips bagaimana saya mendidik mereka sedari bayi. Mohon maaf jika ini hanya berdasar pengalaman saja dan mungkin kondisi berbeda untuk tiap keluarga.

tips 1.

Bangun kedekatan secara hati dengan anak sejak dini. Untuk bisa mendidik anak dengan baik, yang pertama harus dipegang dulu hatinya. Tumbuhkan rasa cinta, dan percaya anak pada orangtua. 

Saya membangun kedekatan itu salah satunya dengan membacakan buku sejak mereka masih sangat kecil. Sebelum tidur adalah saat yang tepat untuk itu. Memeluk mereka di tempa tidur sambil membacakan buku cerita. 

Selain mendekatkan hati, membacakan buku cerita akan bisa membangun komunikasi yang positif antara anak dan orangtua. Selain manfaat lain, anak-anak akan memiliki kosa kata lebih banyak, kemampuan berkomunikasi dan berpikir kreatif akan terbangun dengan sendirinya.  

Tips 2.

JAdilah orangtua yang selalu memahami dan tidak bersikap kritikal pada anak-anak. Selalu berkata dan bersikap positif sekaligus suportif pada apapun yang anak-anak lakukan. Ketika anak-anak saya suka membaca komik manga, saya tak pernah melarang dan bahkan saya belikan komik yang mereka sukai. 

Koleksi anak-anak mungkin sudah ratusan buku. Kadang ada orangtua yang marah-marah kalau anaknya suka bacaa komik. Tapi saya yakin mulai dari membaca komik, lama-lama akan mengembangkan kesukaan membaca mereka dan akhirnya pasti akan berlanjut ke buku-buku yang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x