Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Berapa Usia Ideal Seorang Guru Penggerak?

17 Februari 2024   09:17 Diperbarui: 17 Februari 2024   09:18 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

Seorang kawan bertanya kepada Omjay. Berapa usia ideal seorang guru penggerak? Omjay tersenyum menjawab pertanyaan beliau. Sebab pikiran Omjay kembali ke masa lalu. Sebuah masa dimana Omjay berprofesi menjadi seorang guru.

Setiap hari Jumat pagi di sekolah Labschool UNJ selalu mengadakan lari pagi. Buat pengurus OSIS baik SMP atau SMA Labschool Jakarta selalu mengadakan olahraga pagi. Pengurus OSIS datang setiap hari Jum'at lebih pagi dari hari biasanya. Mereka sudah harus berada di sekolah pukul 06.30 WIB.

sumber gambar dokpri
sumber gambar dokpri

Mereka para siswa ada di sekolah pagi hari dan dipimpin oleh seorang guru penggerak. Di sekolah kami namanya koordinator mpo atau majelis pembina OSIS.

Sejatinya semua guru di sekolah adalah guru penggerak. Guru lainnya membantu guru mpo untuk mengumpulkan semua siswa berolahraga pagi. Itulah sekolah kami selalu ramai setiap hari Jum'at untuk berolahraga pagi dan berkeliling kampus UNJ. Kebetulan sekolah kami adalah sekolah yang dikelola oleh kampus UNJ.

sumber gambar dokpri
sumber gambar dokpri

Salah satu guru besarnya di UNJ sekarang menjadi pimpinan kami di Labschool UNJ yaitu bapak Prof. Dr. Totok Bintoro. Beliau sekarang menjabat sebagai kepala pengelola sekolah Labschool UNJ atau singkat PSL.

Labschool UNJ ini dari dulu sudah menjadi sekolah penggerak. Sebab selalu berprestasi dan memiliki budaya sekolah yang unggul. Banyak sekali guru penggerak di sekolah kami. Namun bukan guru penggerak lulusan Kemdikbudristek

Seorang kawan dosen UNJ memberikan pandangannya. Guru penggerak itu harus bejo. Apa itu bejo? Bersih dan jujur orangnya. Di sekolah kami banyak guru Bejo. Mereka berusia muda dan penuh gaya. Oleh karena itulah anak-anak sekolah kami selalu penuh gaya dan berprestasi serta menjadi sekolah juara. Banyak siswa yang sering menang lomba. Baik lomba tingkat nasional maupun internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun