Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ada Apa di Pascasarjana UNJ?

8 Juni 2022   05:53 Diperbarui: 8 Juni 2022   08:39 7652
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selasa, 7 Juni 2022 adalah hari yang bersejarah buat kami sekeluarga. Alhamdulillah ujian terbuka doktor pendidikan Wijaya Kusumah berjalan lancar di kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur. Ucapan terima kasih Omjay ucapkan kepada kawan kawan yang telah hadir di zoom maupun datang secara langsung di Pascasarjana UNJ Rawamangun JakartaTimur.


Selama saya kuliah, saya mendapatkan banyak ilmu dari para dosen UNJ yang luar biasa. Mereka adalah para pakar di bidangnya. Ilmu yang mereka berikan sangat bermanfaat buat saya sebagai guru.

Saya mulai kuliah S2 di Pascasarjana UNJ tahun 2007. Kemudian menyelesaikan tesis tahun 2009. Pembimbing tesis saya saat itu adalah Prof. Conny Semiawan dan Prof. Diana Nomida. Dari mereka saya menjadi tahu apa itu action research.

Saya bertemu dengan kawan-kawan baru dan sampai sekarang kami punya WhatsApp group untuk saling berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Mereka bekerja di instansi pemerintah dan non pemerintah.

Setelah lulus dari Pascasarjana UNJ jurusan teknologi pendidikan, saya melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 di tahun 2014.

Selama kuliah di jurusan teknologi pendidikan UNJ, saya bertemu dengan dosen-dosen yang luar biasa keilmuan dan kepakarannya. Mereka menerapkan ilmu padi. Kian berisi kian merunduk. Tak terlihat wajah kesombongan di wajah mereka. Saya melihat wajah wajah penuh kesabaran dan ketekunan dalam bekerja dan melakukan penelitian.

Saya kangen dengan suasana kuliah yang saling menguatkan dan mencerahkan. Ingin sekali ikut kuliah bersama mereka lagi. Biasanya setelah kuliah kami makan siang di kantin UNJ atau cafe di fakultas teknik UNJ.

Saya teringat pesan Prof Atwi Suparman yang dahulu menjadi dosen favorit kami. Beliau pernah menjabat sebagai Rektor universitas terbuka yang ada di pondok cabe. Prof Dr. Atwi Suparman mengatakan, Teknologi yang paling modern adalah teknologi yang ada. Kami para mahasiswa beliau diminta untuk menggunakan teknologi yang ada dalam kegiatan pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun