Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tantangan Covid-19 dan Solusi Teknik Mengajar Terbaru di Semester 2

6 Desember 2020   00:52 Diperbarui: 6 Desember 2020   10:25 304 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantangan Covid-19 dan Solusi Teknik Mengajar Terbaru di Semester 2
Malam Mingguan KOGTIK

Alhamdulillah, malam ini diminta kawan-kawan komunitas guru TIK dan Ikatan Guru TIK PGRI untuk menjadi narasumber malam mingguan KOGTIK. Tema malam ini adalah: Tantangan Covid-19 dan Solusi Teknik Mengajar Terbaru di Semester 2. Sebuah tema yang sangat menarik untuk kita bahas dan diskusikan sama-sama.

Pembicara webinar dan diskusi malam ini adalah:

  1. OmJay DR. (candidate) Wijaya Kusumah, M.Pd (Teknologi Pembelajaran UNJ)
  2. Bambang Susetyanto, S.Kom (Ketua Umum KOGTIK)
  3. Youri Lylie, S.Kom, M.M (Tim Perumus Literasi Digital Kemenkominfo)

    Time: Dec 5, 2020 19:30 -21.30 WIB, Jakarta

    Join Zoom Meeting
    https://zoom.us/j/95496895061?pwd=bkFCYno1T2tMWmY3M3hnTnZVeVZuUT09

    Meeting ID: 954 9689 5061
    Passcode: kogtik

Materi Omjay
Materi Omjay
Walaupun masih isolasi mandiri di rumah, karena terpapar Covid-19 dan dinyatakan Positif Covid-19 oleh dokter Puskesmas Jatibening Bekasi, saya tidak pernah menghentikan aktivitas untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada guru-guru lainnya di Indonesia. Selama saya masih mampu dan bisa berbagi ilmu, saya pasti akan usahakan hadir dan menyampaikan materi dari apa yang saya kuasai.

Salah satu narsum yaitu Pak Youri ternyata bermasalah dengan jaringan internetnya, sehingga tidak bisa melakukan presentasi. Sementara itu, bapak Bambang Susetiyanto berhalangan hadir dan dihadiri oleh wakil ketua KOGTIK bapak Tri Budiharjo dan kepala diklat Ikatan Guru TIK PGRI ibu Wiwin Sabayanti. 

metode mengajar yang perlu dikuasai guru
metode mengajar yang perlu dikuasai guru
Ibu Wiwin Sabayanti memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara mewakili Bapak Bambang Susetiyanto yang berhalangan hadir. Sedangkan saya langsung diminta oleh bapak Tatang Surya Atmaja yang menjadi host malam ini untuk memberikan materinya lewat aplikasi zoom.

Dalam presentasi saya menyampaikan ada 10 Tips menjadi guru Inspiratif dan 10 Langkah Desain Pembelajaran untuk Pendidikan Jarak Jauh. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk kawan-kawan guru dan dosen dari seluruh Indonesia. Kawan-kawan guru dan dosen dapat mengunduh materinya di https://www2.slideshare.net/wijayakusumah/desain-pjj.

10 Tips Menjadi Guru Kreatif
10 Tips Menjadi Guru Kreatif
Saya melihat di layar monitor ada sekitar 85 orang hadir dalam acara malam mingguan KOGTIK. Setiap minggu sekali biasanya KOGTIK selalu mengadakan acara webinar yang santai dengan narasumber dari kawan-kawan guru sendiri. Mereka diminta menjadi narasumber, karena telah menguasai materinya dan siap berbagi kepada kawan-kawan guru lainnya. 

desain-pjj-5fcc3d30d541df62da687b34.jpg
desain-pjj-5fcc3d30d541df62da687b34.jpg
Alhamdulillah, hari ini  mendapatkan kabar gembira dari Ibu Emi Sudarwati. Beliau mengirimkan pesan kalau buku yang disusun oleh guru Inspiratif sudah terbit. Adapun buku terbaru kami, Judulnya Pintu Inspirasi. Sebuah buku keroyokan yang dibuat oleh para nominasi guru SMP Inspiratif tingkat nasional yang diselengagarakan oleh kemdikbud tahun 2020. Ibu Emi Sudarwati dari APKS PGRI Bojonegoro yang menjadi pelopor pembuatan buku ini. Beliau meminta kami mengumpulkan kisah nyata kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x