Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Virus Corona Akhirnya Sampai Juga ke Tubuhku

2 Desember 2020   20:26 Diperbarui: 5 Desember 2020   23:47 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Omjay sedang isolasi Mandiri di Rumah | dokpri

Virus corona akhirnya sampai juga ke dalam tubuh tambun ini. Entah darimana datangnya dan kena dimana saya tidak tahu pasti. Hal yang saya tahu kalau dinyatakan positif covid-19 setelah memberanikan diri ikut tes swab di Puskesmas Jatibening, Bekasi pada tanggal 13 November 2020. 

Kabar Virus Corona telah masuk ke Indonesia, pertama kali dikabarkan oleh presiden Jokowi pada Bulan Maret 2020, dan pasien pertama dimulai dari Depok. Berita itulah yang saya ingat sampai sekarang. 


Setelah itu virus ini menyebar dengan cepat ke seluruh Indonesia tanpa bisa kita hindari. Perlu kerjasama dari kita semua agar virus ini dapat kita taklukan sehingga tak menular ke banyak orang. Saya hanya berharap banyak orang yang pro aktif memeriksakan diri untuk ikut Rapid test dan tes swab agar ketahuan kalau dirinya sudah terinfeksi virus Covid-19 ini. Sehingga tidak menularkannya kepada orang lain.

Seorang kawan di WA Group memberi kabar kalau positif Covid-19 bersama suaminya dan dirawat di rumah sakit atlit Kemayoran Jakarta Pusat. Kalau melihat penampilan mereka, tak ada yang terlihat sakit dan terpapar virus corona yang semakin merajalela. Berikut ini cerita ibu Dokter Vinci yang saya dapatkan di WA Group...

Perkenalkan saya dokter Vinci Sp.P ingin melaporkan pengalaman dan penemuan saya selama menangani pasien COVID-19.
Memang saya tidak banyak menangani pasien COVID-19, baik secara langsung sebagai anggota Tim Paru dan Tim COVID-19, atau secara tidak langsung karena saudara atau teman. Mungkin hanya sekitar 30-50 pasien.

Salah satu yang masih menjadi pertanyaan yaitu: kenapa ada pasien yang tidak ada gejala, gejala ringan, atau bahkan gejala berat.

Seperti Jurnal yang saya bagikan di atas, sudah ratusan penelitian yang membuktikan bahwa tidur dapat berpengaruh pada sistem imun. Namun belum banyak penelitian yang mengkaitkan langsung antara tidur dan penyakit infeksi.

Pertama kali saya melihat keterkaitan langsung antara tidur dan infeksi, yaitu saat mencari penyebab kenapa TB paru banyak di usia muda. Ternyata sebagian besar memang berkaitan dengan kurang tidur (Namun perlu dibuktikan dengan penelitian).

Dan saat menangani pasien2 COVID-19, sekali lagi saya menemukan keterkaitannya antara tidur dan COVID-19. Namun saat ini saya melihat ada keterkaitan yang sangat erat.

Untuk data pastinya mohon maaf saya tidak mencatat, dan hanya berdasarkan ingatan saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun