Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pejuang Salat Subuh

11 Januari 2020   10:08 Diperbarui: 11 Januari 2020   10:17 398 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pejuang Salat Subuh
OMJAY. dokpri

Perjuangan yang paling berat buat saya adalah melaksanakan sholat subuh berjamaah. Mengapa?  Sebab saya harus mampu menaklukan diri sendiri.

Saat terbangun dari mimpi,  ingin rasanya tidur lagi. Kemalasan diri membuat diri ini terkalahkan oleh diri sendiri.

Kalau sudah begitu,  lekas ke kamar mandi dan ambil air wudhu. Kalau tubuhmu kuat, lebih baik mandi.

Ini yang sulit. Saya bisa mandi kalau ada keperluan saja atau masuk kerja. Kalau libur biasanya saya ikuti saran almarhum mbah Surip.  Bangun tidur,  tidur lagi...

Godaan yang paling berat di saat bangun untuk Shalat Subuh.
Bangun untuk mengambil air wudhu atau memilih untuk menarik selimut.

Disitulah keimanan dan ketaatan seseorang diuji oleh Allah SWT. Perang antara godaan syaitan yg begitu besar dengan Iman yang kita punyai.

Menjadi pejuang subuh bukan pekerjaan mudah. Sampai akhirnya saya baca buku tentang Rahasia Keutamaan Sholat Subuh karya Syeikh M.  Nuruddin Marbu Al-Makki. Anda bisa memesan buku ini secara online di bukukita. com.

Rasulullah bersabda,  Barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh dan ashar secara berjamaah,  niscaya ia akan masuk surga.

Pada waktu subuh,  ada malaikat turun dari langit.  Khusus untuk mencatat orang yang bangun melaksanakan sholat subuh, mereka tidak akan pernah kembali lagi sampai hari kiamat tiba.

Saya teringat waktu menginap di Jorong Tabek Talang Babungo kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Waktu itu cuaca sangat ekstrim dan pagi hari dingin sekali.  Hari pertama menginap di sana,  belum bisa ke masjid karena belum tahu tempatnya. Baru hari kedua saya hadir di masjid dan mendengarkan ceramah subuh.

Banyak orang di sana pakai sarung untuk menutupi tubuhnya yang kedinginan. Pak Dian Kelana sempat memotret mereka.

Pejuang subuh di desa ini luar biasa. Beda jauh dengan kami di kota Bekasi.  Udara di Bekasi tidak sedingin di Talang Babungo.

Kalau ingat itu saya jadi senyum senyum sendiri. Seharusnya sholat subuh saya di masjid tidak boleh absen. Saya harus mampu melawan diri sendiri.

Manfaat sholat berjamaah itu luar biasa.  Kita jadi terbiasa disiplin soal waktu dan belajar memimpin dan dipimpin. Harus siap jadi imam dan makmum.

Rahasia sholat subuh harus anda temukan. Kalau sudah ketemu pasti anda tidak akan pernah meninggalkan sholat subuh berjamaah di masjid.

Menjadi pejuang sholat subuh semoga bisa terus dilakukan.  Baik dalam keadaan suka maupun duka.

Semangat pejuang subuh... semoga kita terhindar dari kencing setan yang mengencingi telinga kita saat kita tidur dan menutupi pendengaran kita saat adzan subuh terdengar.

Inti dari buku yang saya baca adalah mengungkapkan kekuatan subuh dan pengaruh subuh terhadap diri manusia.

Salam Blogger persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x