Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah karyawan swasta

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Program Kemitraan Guru

14 Februari 2018   12:43 Diperbarui: 14 Februari 2018   13:05 94 0 0
Program Kemitraan Guru
dokumentasi pribadi

Selasa - Kamis, 13 s.d 15 Februari 2018 saya diundang untuk ikut menyusun pedoman persiapan penguatan program kemitraan yang diselenggarakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan dirjen GTK direktorat pembinaan guru pendidikan dasar di hotel ambhara Jakarta Selatan.

Kompetensi guru merupakan salah satu komponen kunci yang menentukan dalam peningkatan mutu layanan pendidikan. Pentingnya pengembangan kompetensi guru menjadi dasar perlunya berbagai program pengembangan kompetensi guru. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan guru sesuai dengan standar kompetensi sebagaimana yang ditetapkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Fakta menunjukkan adanya kesenjangan antara kompetensi pedagogik dan professional guru yang dimiliki guru dengan standar yang harus dikuasainya di beberapa daerah sedangkan di daerah lain menunjukkan kondisi yang sebaliknya. Kesenjangan tersebut merupakan suatu permasalahan yang perlu segera ditangani dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran secara merata.

Untuk meminimalkan kesenjangan kompetensi guru antar daerah, maka diperlukan program kerjasama kemitraan antara guru yang memiliki kompetensi tinggi dengan guru yang memiliki kompetensi rendah. Melalui program kemitraan tersebut dikembangkan komunitas belajar guru dengan tujuan mewujudkan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan pembelajaran dan memecahkan masalah yang dihadapi.