Mohon tunggu...
Wieka Kalafitri
Wieka Kalafitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

PT KAI Jalankan CSR Unik: Rail Clinic dan Rail Library sebagai Bentuk Kepedulian Masyarakat

26 Mei 2023   03:42 Diperbarui: 26 Mei 2023   03:46 377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
railfansina.blogspot.com

Berperan aktif dalam menyejahterakan warga, PT KAI bekerja sama dengan Program Relawan Bakti BUMN guna mewujudkan tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk masyarakat Indonesia. Program ini ditujukan untuk umum, khususnya bagi mereka yang bertempat tinggal di sekitar stasiun.

Sejalan dengan visi dan misi BUMN, PT KAI melakukan peremajaan aksi dalam memberikan perluasan pelayanan sosial, tidak hanya terbatas pada sektor transportasi. Persero ini melebarkan aksi positifnya dengan mendukung program kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Mereka mendesain khusus sebuah kereta yang terdiri dari empat gerbong untuk menjalankan program bakti sosial ini. Erick Thohir beserta sejumlah anggota relawan akan bekerja sama dengan beberapa anak perusahaan terpilih untuk melakukan Program Relawan Bakti BUMN Batch III pada tanggal 7-10 Maret 2023 yang mengikutsertakan 21 BUMN dan anak perusahaan, yang mana program ini ditujukan pada sepuluh lokasi meliputi Batam, Borobudur, Banyuwangi, Bangka Belitung, Makassar, IKN Nusantara, Jatiluhur, Palembang, Timor Tengah Selatan dan Wakatobi.

Keikutsertaan PT KAI pada program ini sangat membantu kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan aksi bakti sosial batch III. VP CSR PT KAI, Tatang Kusdiman mengatakan bahwa aksi bakti sosial digelar selama empat hari hingga Jumat (10/3/2023). Layanan kesehatan gratis dengan melibatkan tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum, dokter obgyn, apoteker, dokter gigi dan pelayanan kesehatan mata ini disambut baik dan antusias oleh warga sekitar Stasiun Kalibaru dan Stasiun Ketapang, Banyuwangi. Aksi bakti sosial ini didominasi oleh para orang tua, yang melakukan pengecekan gigi, kandungan, dan lain sebagainya. Layanan kesehatan gratis atau rail clinic berada pada 2 gerbong belakang. Sedangkan, 2 gerbong depan merupakan rail library yang dapat digunakan oleh anak-anak sembari menunggu orang tuanya menyelesaikan pemeriksaan. Rail Library berisi lebih dari lima ratus buku bacaan dan terdapat enam komputer digital yang dapat diakses secara bebas.

Program CSR PT KAI yang unik ini berperan positif bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, terkhusus bagi mereka yang bertempat tinggal di dekat stasiun. Layanan kesehatan dan perpustakaan keliling yang disiapkan PT KAI merupakan bentuk dukungannya dalam menyukseskan program relawan bakti BUMN. Rail Clinic dan Rail Library yang disambut antusias oleh warga, menjadikan PT KAI sebagai persero yang sukses dan baik dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat sekitar. Dukungan masyarakat memungkinkan bagi PT KAI untuk menambah jumlah kereta yang melayani masalah kesehatan dan perpustakaan gratis. Bukan tidak mungkin, kereta unik yang terdiri dari empat gerbong ini berlanjut dengan rute yang semakin banyak lagi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun