Mohon tunggu...
Managing The Nation
Managing The Nation Mohon Tunggu... Konsultan - Managing The Nation
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Managing The Nation ini adalah sebuah halaman blog di kompasiana yang memuat pemikiran sederhana seorang warga negara indonesia. Seorang anak desa yang lahir tanggal 4 Mei 1978 di kawasan pesisir selatan Kota Yogyakarta. Pendidikan S1 Program Studi Manajemen dan S2 Program Studi Magister Manajemen. Terjun ke dunia kewirausahaan mulai tahun 1999 melalui beberapa usaha yang dirintis saat itu. Memiliki pengalaman di bidang fintech dan investasi.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Dokter Go Public, Konsultan IPO Indonesia

12 April 2020   12:59 Diperbarui: 12 April 2020   15:54 524
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Dokter Go Public, sepertinya sebutan yang terlalu melebih lebihkan menurut saya. Apalagi saat ini baru sekitar 700an perusahaan terbuka di Indonesia. Perjalanan ketemu dengan Dokter Go Public ini bermula ketika terdengar sebuah berita tentang Indonesia Equity Exchange. Mirip kayak Indonesia Stock Exchange. 

Indonesia Equity Exchange, makanan apa lagi ini, itulah yang ada dalam benak saya dalam beberapa hari ini. Setahu saya di Indonesia saat ini hanya ada Indonesia Stock Exchange atau IDX, yaitu bursa saham bagi perusahaan yang ada di Indonesia, terus apalagi ini Indonesia Equity Exchange?

Jangan jangan money games, atau MLM dengan sistem piramida, atau investasi bodong yang lain. Harus berhati hati ini, apalagi perusahaan ini menyebut kata Bursa Saham Bagi UMKM. 

Sebagai seorang yang merasa peduli terhadap UMKM, saya tergerak untuk mencari tahu dan berusaha mendapatkan sumber yang valid terhadap perusahaan ini.

Perjalanan dimulai dari seorang teman yang namanya disebut sebagai direksi dari perusahaan itu. Saya mengontak beliau akhir bulan kemarin dan berjanji bertemu di Semarang Minggu ini. 

Setelah mengatur ulang jadwal, dari Jakarta, hari Rabu, 4 Desember 2019 ini saya sempatkan untuk melakukan perjalanan ke Semarang, ke seorang teman baik saya di tempat kerja saya dulu di Kalimantan. 

Menurut beliau, sang Chairman sedang berada di sekitar Magelang Jogja untuk sebuah urusan. Okelah kalau begitu, saya ke Semarang karena saya yakin bahwa beliau adalah orang yang amanah, sehingga saya berharap informasi yang saya dapat valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Rabu pagi diawal Desember ini, jam 8 pagi saya bertemu dengan Pak Sigit, temen saya tersebut. Masih seperti dulu, sangat religius dan memegang teguh pada amanah, meski sekarang rambutnya mulai memutih dan dengan kacamata yang semakin tebal. 

Setelah minum teh di stasiun Tawang sebagai pengganjal perut, saya langsung diantar oleh Pak Sigit untuk bertemu Pak Harjono, Chairman Indonesia Equity Exchange. 

Jelas awalnya saya menolak, karena saya takut bahwa informasi yang saya dapatkan nanti menjadi tidak obyektif, namun setelah berbicara panjang lebar dan memberikan alasan kenapa saya harus ketemu beliau, saya akhirnya yakin bahwa apa yang dapatkan merupakan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Setelah menelpon beberapa kali, akhirnya diputuskan, saya dan Pak Sigit bertemu Pak Harjono di Mall Artos Magelang, jam 12 siang, jadilah hari itu adalah hari saya bersama beliau, seorang yang akhirnya saya simpulkan sebagai seorang yang visoner, terutama dalam rangka menumbuh kembangkan UMKM di Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun