Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Animal Lover

Smile! It increases your face value.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Perkenalkan "Widz Pho", Penganan Orang Timur yang Diolah Orang Barat

3 April 2021   04:12 Diperbarui: 10 April 2021   05:18 842 64 41 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkenalkan "Widz Pho", Penganan Orang Timur yang Diolah Orang Barat
Sajian pho klasik di Hanoi, Vietnam. (Dok. National Geographic via kompas.com)

Akhir pekan lalu, Teman saya Jeanie bertandang ke rumah. Jeanie adalah seorang chef, memiliki sebuah restoran lokal di daerah tempat saya tinggal. Selain restorannya cukup sukses, Chef Jeanie juga pernah tujuh kali masuk dalam semi final penghargaan James Beard.

Penghargaan James Beard merupakan penghargaan bergengsi di Amerika, diadakan setiap tahun oleh James Beard Foundation, diberikan kepada chef, restoran, penulis dan jurnalis terbaik.

Menurut Chef Jeanie, seseorang baru bisa disebut 'jago masak' apabila ia mampu membuat makanan enak dengan hanya menggunakan bahan apa adanya yang tersedia di dapur atau di sekelilingnya.

Bagi saya, itu sebuah tantangan kreativitas yang cukup memeras otak. Terus terang, saya butuh 'mood' untuk memasak, dan sayangnya 'mood' tersebut jarang sekali datang menghampiri.

Kalau kebanyakan para ibu sibuk mengumpulkan resep-resep masakan, maka saya sibuk mengumpulkan "take-away" menu dari restoran-restoran lokal, he ..he..

Karena itulah saya menerima kenyataan kalau gelar 'jago masak' sepertinya belum patut saya sandang. Makanya saat teman saya ini menyatakan kesediaanya untuk mengajarkan saya memasak. Wah, senangnya bukan main! Kapan lagi dapat kursus privat dari seorang chef!

Langkah pertama, Chef Jeanie meminta saya mengumpulkan semua bahan-bahan yang ada di dapur. Lalu ia bertanya masakan apa kira-kira yang dapat saya buat berdasarkan bahan-bahan yang terkumpul. Hadeeuuhh! Pe-Er banget gak sih!

Disodorkan pertanyaan itu, saya langsung mati kutu! Hanya sanggup memandangi bahan-bahan yang ada di depan mata. Otak saya seolah membeku.

Tidak sabar menanti jawaban saya, Chef Jeanie akhirnya bertanya makanan apa yang kira-kira saya ingin nikmati saat itu. Spontan saya jawab, "mi bakso!"

Chef Jeanie dengan sigap menyarankan untuk membuat "Pho". Kompasianers, "Pho" adalah sup khas Vietnam, yang di dalamnya terdapat mi, daging dan sayuran. Kalau saya bilang sih, di Indonesia mungkin setara dengan mi bakso kali ya?

Berhubung bahan-bahan masakan diambil dari dapur saya, Chef Jeanie menamakannya "Widz Pho". Ahay! Saya jadi ge-er, baru kali ini saya belajar membuat masakan yang menggunakan nama sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN