Mohon tunggu...
Widianti Kumalasari
Widianti Kumalasari Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN 30 UTM

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN 30 UTM Mengenalkan Media Baru dalam Proses Mengajar di Sekolah Dasar

22 Juli 2019   21:33 Diperbarui: 22 Juli 2019   21:38 0 0 0 Mohon Tunggu...
KKN 30 UTM Mengenalkan Media Baru dalam Proses Mengajar di Sekolah Dasar
dokpri

KKN 30 UTM KENALKAN MEDIA BARU DALAM PENGEMBANGAN DALAM PROSES MENGAJAR DI SDN KWANYAR BARAT 1 DAN SDN KWANYAR BARAT 2 GUNA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Tampak seluruh peserta pengembangan media pembelajaran (kelas enam) dengan kelompok KKN 30


Bangkalan - Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang menjembatani antara penjelasan guru dan pemahaman siswa dalam proses belajar dan mengajar. Dengan adanya media pembelajaran yang inovatif dan menarik tentunya dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa untuk menangkap materi pembelajaran yang ada dan mampu memahami dengan baik. Oleh sebab itu, KKN 30 mencoba menerapkan media pembelajaran baru dengan penerapan teknologi melalui aplikasi, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran serta membantu guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang ada selama ini menjadi lebih inovatif dan menarik perhatian siswa.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan praktik langsung kepada siswa-siswi kelas 6 SD Negeri Kwanyar Barat 01 dan SD Negeri Kwanyar Barat 02 dimana pada masing-masing sekolah kegiatan dilaksanakan sesuai jam aktif pembelajaran dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Proses pembelajaran dilakukan dengan mendemonstrasikan beberapa software berisikan materi pembelajaran yang relevan dengan kelas 6 yang dikemas menjadi animasi bergerak, kuis, dan beberapa games untuk mengasah otak. Software yang didemonstrasikan memiliki beberapa materi seperti pesawat sederhana, matematika dasar, puzzle, rangkaian seri listrik, dan tata surya. (16/07/2019)
Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan mengumpulkan siswa-siswi kelas 6 pada satu ruangan tertentu dimana kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah 3-5 orang. Setiap kelompok akan memiliki satu laptop yang telah berisi software animasi. Kemudian pembelajaran akan dimulai dengan games kecil untuk penyegaran otak kepada siswa selama 30 menit, yang akan dilanjutkan dengan demonstrasi software yang dilakukan oleh siswa dengan dipandu oleh pemateri  dari KKN 30. Demonstrasi dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 09.30, lalu demonstrasi sesi kedua dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 11.30. Demonstrasi juga diselingi dengan games-games kecil dan sesi tanya jawab untuk melihat seberapa jauh siswa memahami materi pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan disambut dengan antusias oleh siswa-siswi kelas 6 dan juga guru. Siswa juga menjadi sangat responsif saat sesi tanya jawab dibuka, banyak siswa yang berebut ingin maju dan menjawab pertanyaan. Pemahaman siswa akan materi baru juga dirasa lebih maksimal karena adanya metode baru yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan kondisi zaman sekarang. (wks)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x