Mohon tunggu...
Widi Admojo
Widi Admojo Mohon Tunggu... Widiadmojo adalah seorang guru, tinggal di Kebumen

sedikit berbagi semoga berarti

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Urgensi Azas Kerahasiaan dalam Menangani Masalah Siswa

25 September 2019   22:37 Diperbarui: 25 September 2019   23:23 108 1 1 Mohon Tunggu...

Dalam proses pembelajaran di sekolah, munculnya permasalahan siswa / peserta didik merupakan keadaan yang sering tidak dapat dihindari. Berbagai latar belakang yang beragam, kondisi fisik dan psikis yang heterogen, membawa konsekuensi adanya berbagai permasalahan yang muncul di sekolah.

Dari persoalan yang berhubungan dengan perkembangan dan kemajuan bidang akademik, bidang kepribadian, bidang sosial, maupun masalah yang berhubungan dengan problema belajar serta problem arah karir siswa, sering menjadi dinamika kompleks yang selalu mengiringi proses jalannya kegiatan pembelajaran di sekolah.

Hanya saja, proses penanganan permasalahan yang dialami siswa dalam praktik di lapangan kadang disadari atau tidak ada beberapa hal yang sebenarnya merupakan masalah krusial dan hakiki, tetapi kadang justru malah terabaikan karena pemahaman yang kurang.

Dalam hal ini salah satu yang sangat penting dan mendasar tetapi kadang lalai dan tidak mendapat perhatian adalah adanya "pelanggaran" azas kerahasiaan yang harus terjaga  dan dijaga oleh segenap sivitas akademika dalam menangani atau menyelesaikan permasalahan siswa.

Pengabaian terhadap azas kerahasiaan dalam menangani masalah siswa di sekolah ini dapat dilihat dari beberapa perlakuan sekolah yang kadang justru menempatkan tema permasalahan yang dialami siswa, untuk dijadikan bahan pembicaraan secara tidak selektif waktu, tidak selektif ruang, dan termasuk tidak selektif kata-kata.

Pada akhirnya justru pembicaraan permasalahan siswa ini  cenderung berubah menjadi forum "pengadilan" terhadap siswa, forum menjustivikasi, forum memfonis, dan forum memperolok-olok sekaligus forum memberikan penilaian secara serampangan terhaddap siswa yang mengalami permasalahan.

Pola penanganan masalah yang kurang memperhatikan azas kerahasiaan  ini kadang menjadikan upaya recaveri terhadap  pengentasan suatu masalah menjadi berbalik destruktif.

Hal ini akan lebih kentara bila permasalahan yang dialami siswa terkait dengan permasalahan, pelanggaran disiplin, tata etika, tata nilai, sopan santun, dan sikap yang kurang hormat terhadap sesama manusia.

Biasanya jenis permasalahan seperti ini akan memancing berbagai reaksi psikologis dan emosional spontan yang acapkali tidak memperhatikan azas kerahasiaan, mana yang boleh disampaikan secara terbuka, dan mana yang harusnya hanya menjadi konsumsi bahasan kalangan internal yang bersifat rahasia karena berhubungan dengan privacy peserta didik dan barangkali juga privacy keluarga peserta didik.

Terjaminnya azas kerahasiaan dalam penanganan siswa bermasalah ini sangat penting, karena menjadi pondasi kepercayaan siswa yang mengalami permasalahan yang merasa aman dan terjaga aspek-aspek privacy dirinya yang memang tidak sepantasnya menjadi konsumsi pihak-pihak yang tidak berkepentingan atau dikonsumsi untuk hal-hal yang bersifat kemudaratan.

Contoh kasus dalam permasalahan ini dapat dilihat misalnya adanya kebiasaan guru yang dengan tanpa merasa bersalah sering memberikan reaksi spontan dan terbuka terhadap kekurangan, kejelekan, atau permasalahan yang dialami siswa untuk dijadikan bahan cemoohan dan bahan omongan yang dilatarbelakangi suasana emosional akibat merasa kurang terpenuhinya harapan tentang siswa yang diampunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x