Bola Pilihan

Pertandingan IJL Pekan Pertama

10 Oktober 2018   00:15 Diperbarui: 12 Oktober 2018   16:31 885 0 0

IJL U13 2018-2019, 7 Pertandingan telah dijadwalkan akan dimainkan pada pekan pertama Indonesia Junior League Usia 13. Setelah pembukan yang dijadwalkan pada pukul 8 pagi tanggal 14 Oktober 2018, di stadion Mini Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Ketujuh pertandingan tersebut adalah pertandingan untuk tim yang tergabung pada  Grup A atau Phenomenon.

exnwymgbezswf0u1aivf5fc9gikyw9hy-1-5bbb2de912ae9425f56c6a82.jpg
exnwymgbezswf0u1aivf5fc9gikyw9hy-1-5bbb2de912ae9425f56c6a82.jpg

IJL U13 -INDONESIA MUDA UTARA    vs       RAGUNAN SOCCER SCHOOL    

pertandinga-1-png-5bbca30e43322f4b3046cb35.png
pertandinga-1-png-5bbca30e43322f4b3046cb35.png
Pertandingan ini dijadwalkan pukul 9.00 hari Ahad 14 Oktober 2018 dalam pertandingan Perdana Indonesia Junior League Usia 13 Tahun. Setelah mundur beberapa pekan perhelatan Akbar untuk Pesepak bola junior di Indonesia ini akhirnya akan segera dilangsungkan di stadion Mini Cisauk, kabupaten Tangerang, Banten. Pertandingan ini akan diselenggarakan setelah prosesi Pembukaan Liga, yang dijadwalkan akan dilakukan 1 jam sebelumnya (pukul 08:00).

Pertandingan perdana IJL U13 ini adalah pertandingan derby asal Jakarta, Jakarta Utara melawan Jakarta Selatan. Indonesia Muda Utara yang bermarkas di Koja, sedangkan Ragunan SS bermarkas di Ragunan. Disamping sebagai pertandingan derby pertandingan kedua tim juga merupakan pertandingan ulangan yang pernah terjadi di tahun 2014/2015 saat itu kedua tim baik  IM Utara dan Ragunan Soccer School adalah tim yang pertama kali merasakan sengitnya persaingan Indonesia Junior League di Lapangan Waduk Pluit musim 2014/2015 dimana mereka saat itu levelnya masih di kategori U-11, bisa dikatakan sebagai pertandingan reunian.

mario-pelatih-im-utara-png-5bbcd332c112fe4af61ccdb5.png
mario-pelatih-im-utara-png-5bbcd332c112fe4af61ccdb5.png
Mario Agustinus Lalumedja pelatih Indonesia Muda Utara yang kini berusia 50 tahun di Jakarta, yang sudah lebih dari 15 tahun jatuh bangun bersama Indonesia Muda Utara, mendaftarkan 19 pemain untuk liga IJL U13, "Sepertinya akan seru persaingan di babak penyisihan grup namun apapun hasilnya nanti bagi saya adalah pembelajaran dan memberi panggung buat anak-anak untuk merasakan atmosfer kompetisi dan pastinya soal jam terbang, Menang atau kalah adalah nomor 29 bagi kami, yang penting pengalaman bermain dan mental anak-anak bisa terasah. Pada saatnya nanti saat dewasa mereka akan mendapatkan juara yang sesungguhnya," tandas Mario.

Kickoff yang tertunda memberi waktu bagi IM Utara untuk membenahi lini pertahanannya yang masih dianggap banyak mengalami "kebocoran", waktu 1 bulan ini dimanfaatkan untuk membenahi keadaan tersebut dan harapan Om Mario  hari Ahad nanti menjadi uji coba perdana apakah pembenahan yang sudah diupayakan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Lain lagi Munaji yang berusia 44 tahun pelatih Ragunan Soccer School mengaku dirinya baru saja resmi ditunjuk mengawal tim U-13 di gelaran IJL Mayapada pada beberapa pekan kemarin : "Ini pertama kali saya melatih anak-anak SSB dalam skala kompetisi besar. Sebelmumnya lebih banyak di internal Persija Jakarta bersama PSAL (Persatuan Sepak Bola Angkatan Laut), jadi asisten Elly Idris," ucapnya.
"Selalu ada tantangan dan perbedaan saya rasakan, melatih level PSAL dan Ragunan Soccer School pastinya beda sekali. Terpenting harus pandai atur siasat, disiplin itu harus tapi namanya melatih anak-anak pasti punya trik khusus. Sejatinya sepak bola memang sudah jadi hobi," tutur Munaji yang bertugas di KKO Cilandak tersebut.
"Kerangka tim sudah terbentuk, 4-3-3 jadi formasi di atas lapangan sejauh ini," tandas pelatih yang sangat mengidolakan Rahmad Darmawan itu.
Sedikit meraba, 4-3-3 sepertinya memang jadi formasi ideal untuk anak-anak Ragunan Soccer School. Melihat kualitas materi pemain, kecepatan  mereka. Tahun 2017 lalu skuat Ragunan Soccer School mampu mencuri perhatian publik Indonesia Junior League. Di bawah arahan pelatih muda, Afif Prasetiawan, tim U-11 mampu merangsek hingga babak semifinal champions. 

Pemain Andalan RAGUNAN SOCCER SCHOOL adalah Nuno Leoporto, Alvansyah Putra Lubis, Faiz Putra Firmansyah dan pemain jebolan IJL 2017. Nuno Leoporto juga Alvansyah Putra Lubis menyisir pos sayap sepertinya memang menjadi daya ledak cukup menjanjikan. Nuno Leoporto Verdial Tipe sukses menembus skuat IJL Elite. Nama bocah berdarah Nusa Tenggara Timur itu bahkan sempat jadi bahan perbincangan hangat di gelaran turnamen Royal Selangor Club, Malaysia. Juru taktik negara-negara tetangga seperti dari Malaysia, Singapura hingga Australia nampak terhipnotis dengan aksi pemain yang mengidolakan Boaz Solossa tersebut.

Kami sangat berharap pertandingan yang perdana ini menjadi pertandingan yang menarik, penuh sportifitas dan menjunjung persatuan dan persahabatan. Strategi dan taktik kedua pelatih dapat memberikan pembelajaran bagi anak didiknya untuk dapat menapaki karir dipersepakbolaan yang sangat didambakan bangsa ini,

M'PRIVATE SOCCER      vs       PRO:DIRECT ACADEMY      Pertandingan ini dijadwalkan pukul 10.00, menjadi laga kedua setelah laga perdana IJL U13.

pertandingan-2-png-5bbca44b677ffb677d30c533.png
pertandingan-2-png-5bbca44b677ffb677d30c533.png

M'PRIVATE SOCCER  pada gelaran IJL 2017 di U-11 di Lapangan Bandara Soekarno-Hatta berhasil mendapatkan posisi peringkat ketiga terbaik. Tim yang bermarkas di Gudsupzi TNI AD, Gandoang, Cileungsi, tim ini diarsiteki Mulyadi,  dalam website IJL ia berujar "Kami datang dengan komposisi terbaik, ada 30 pemain siap turun di atas lapangan. Keuntungannya saya bisa rolling nama-nama yang akan tampil, tapi di balik itu semua harus putar otak lebih keras lagi," , "Insya Allah, anak-anak sudah tidak canggung bermain di lapangan full. Kendalanya ya terbiasa dengan ukuran 40x60,", "Di babak penyisihan grup saya rasa kekuatan akan berimbang, karena kita akan bermain satu lapangan full. Ini akan sangat seru sekali,", "Target pasti ada, inginnya sampai ke partai puncak," tandasnya seraya tertawa.
Semoga pemain andalan M'PRIVATE SOCCER yang berada diposisi gelandang Faris sudah pulih dari cedera, dan tidak absen dalam pertandingan perdana nanti.  Dan masih banyak bintang baru lahir lagi dari M'Private. Kalau boleh menyebut nama ada kapten kami yaitu M Rafi.

m-private-vs-prodirect-png-5bbcfa6843322f1a2c732fd2.png
m-private-vs-prodirect-png-5bbcfa6843322f1a2c732fd2.png

PRO:DIRECT ACADEMY   mendaftarkan 20 pemainnya saat berlaga di kompetisi IJL Mayapada U-13. Bermain dengan rasa happy jadi tujuan utama tim asal Jakarta Selatan itu.
"Sejauh ini kondisi anak-anak baru 80 persen. Kami siap bermain dengan rasa happy, tidak lupa ada etos kerja keras di dalamnya," tutur sang pelatih, Nur Ichwan.  Alih-alih bicara soal target tim, Nur Ichwan enggan terlalu banyak sesumbar. Ia meyakini juara dalam level kompetisi sepak bola usia dini bukan sekadar naik podium sampai angkat trofi.
"IJL ini ini jadi wadah paling ideal bukan hanya untuk pemain saja. Tiga prinsip sepak bola pastinya tidak pernah lepas dari menyerang, bertahan dan transisi, lebih daripada itu berusaha secara baik mengambil keputusan situasional saat sudah berada di atas lapangan tentu jadi tugas besar pelatih,"


GAREC'S 1978      vs      SATRIA MUDA TANGERANG      Pertandingan ini dijadwalkan pukul 11.00

GAREC'S 1978 dengan sang pelatih, Fakhri Rasyid bertutur "Yang terpenting anak-anak dapat bermain bagus, sportif, dan  pastinya mendapatkan banyak pengalaman berharga dari setiap  pertandingan  yang diikuti di IJL," ucap pelatih yang sudah tiga tahun  mengabdi  bersama Garec's tersebut.
"Benar sekali, momentum kembali  ke IJL jadi energi tambahan. Tentu kita punya motivasi berlipat karena  kami anak-anak ingin menjadi yang terbaik di kompetisi ini," tegasnya.
Mendaftarkan 20 pemain yang siap naik pentas, Fakhri masih enggan terlalu lebar membuka dapur timnya. Namun setidaknya, sudah ada gambaran gaya permainan seperti apa yang akan diterapkan Garec's  di atas lapangan nanti. Sedikit memberi kode, barisan gelandang penerus Hargianto sudah tak sabar tebar ancaman.
"Kalau untuk formasi kami biasa menggunakan 4-3-3. Soal formula, maaf masih rahasia," sambung pelatih berusia 24 tahun itu.

Satria Muda Football Academy  (SMFA), tim dari Kabupaten Tangerang, mempunyai target lolos ke delapan besar jadi target awal.  

https://indonesiajuniorleague.com/storage/data/temp/2mg6S30pw6R5eIEx1Ek3pcPyCUkYCbGk6D8bkIOM.jpeg
https://indonesiajuniorleague.com/storage/data/temp/2mg6S30pw6R5eIEx1Ek3pcPyCUkYCbGk6D8bkIOM.jpeg
Seorang bomber di sektor lini  depan siap tebar pesona. Mendaftarkan 27 pemain, pelatih sekaligus  pendiri SMFA, Bakti Rosdianto, bertutur bahwa "Sektor depan jadi  kekuatan SMFA, kami punya bomber haus gol. Ia dilengkapi kaki kiri dan  kanan sama kuatnya. Untuk nama, maaf masih dirahasiakan dan belum bisa  saya sebutkan di sini," tutur pria yang mengidolakan Antonio Conte itu  sembari tertawa lebar.  "Insya Allah, anak kami ini bisa buat kejutan,"  sambungnya.

INDONESIA RISING STAR      vs VILLA 2000      

irs-villa2000-png-5bbcedf4c112fe75c13f74f4.png
irs-villa2000-png-5bbcedf4c112fe75c13f74f4.png
Pertandingan ini dijadwalkan pukul  13.00 laga Pertama setelah rehat ISHOMA adalah laga ke 4 dalam IJL U13. Bila diawal atau laga perdana bertemu derby asal Jakarta, ini adalah derby asal Tangsel, Ciputat, Tangsel melawan Pamulang Tangsel.

INDONESIA RISING STAR tim yang bermarkas di ISCI Ciputat, Tangerang Selatan dibawah asuhan Sulistyo Hartono.
"Namun antusiasme anak-anak selama masa pre-season membuat saya jadi percaya diri. IRS siap jadi kompetitor, ya selayaknya tim underdog hingga bisa buat kejutan. Dukungan penuh orangtua pemain juga selalu ada di belakang kami," tegas pelatih  dengan lisensi C AFC itu.
"Target? Kami ingin objektif, lolos dari babak penyisihan grup ke fase knock-out saya kira cukup realistis," ujar juru taktik yang mengidolakan Aji Santoso tersebut.
Formasi 3-4-3 akan digunakan diatas lapangan nanti, IRS sendiri disebut akan tampil dengan pola tiga bek sejajar ditambah tridente lini depan. Kisah heroik Timnas Belgia di Piala Dunia 2018 lalu jadi inspirasi mereka

ayadi-pelatih-villa2000-pelatih-irs-png-5bbceeddaeebe146994d9372.png
ayadi-pelatih-villa2000-pelatih-irs-png-5bbceeddaeebe146994d9372.png
.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2