Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Upload File dan Video pada IKI (Indikator Kinerja Individu) pada TRK JABAR

7 Agustus 2022   10:10 Diperbarui: 7 Agustus 2022   10:13 1625 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tiap bulan kita sebagai Guru ASN Jabar wajib untuk mengisi TRK, yaitu pada Laporan IKI (Indikator Kinerja Individu). Laporan IKI terbagi menjadi 2 laporan yaitu: 

  1. Laporan Pemecahan masalah yang berisi video pemecahan masalah dan file dalam bentuk PDF pemecahan masalah dengan durasi sekitar 2 - 17 menit.
  2. Video pembelajaran materi yang diajar pada bulan tersebut.

Berikut adalah video yang harus dibuat: 

1. Laporan Video Pemecahan Masalah 

 Judul : Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Pada Pembelajaran BIologi di kelas 12 IPA/IPS LM.

A. Deskrispsi Permasalahan 

Selama pandemi, peserta didik belajar secara daring dan PTMT (blended learning), hal ini membuat kreatifitas peserta didik sangat rendah. Dan sejak bulan Juli 2022 dilaksanakan pembelajaran secara normal, membuat kita sebagai Guru harus mencari metode pembelajaran untuk bisa meningkatkan kreatifitas peserta didik. 

B. Akar Permasalahan

Akar permasalahan yang menyebabkan kurangnya kreatifitas peserta didik karena adanya pembelajaran daring yang telah dialami peserta didik selama 2 tahun.  Tidak adanya interaksi secara langsung antara Guru dan peserta didik menyebabkan daya kreatifitas peserta didik sangat rendah. 

C. Alternatif solusi

Untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik, Guru mengajak peserta didik untuk :  

  1. Guru membagi peserta didik dalam kelompok untuk bisa berdiskusi dan berinteraksi secara langsung dengan temen- temannya
  2. Guru membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang berupa permasalahan yang harus di carikan solusi bersama dalam diskusi kelompok
  3. Guru memberikan sumber belajar yang beragam, seperti video pembelajaran di You tube, di tiktok, tulisan di Blog, dan tentunya kebebasan untuk menggunakan internet dalam menyelesaikan LKPD secara kelompok
  4. Guru memberikan fasilitas berupa kertas plano dan alat tulis seperti spidol berwarna warni, dan meminta peserta didik untuk menuliskan jawaban diskusi pada kertas tersebut dan di hias sekeren mungkin.
  5. Guru mengajak peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan ,metode yang bervariasi, seperti presentasi perwakilan kelompok, presentasi berkunjung ke kelompok lain.
  6. Guru memberikan ruang untuk refleksi bersama sehingga dapat terus memperbaiki metode pembelajaran yang mengasyikkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan