Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Rekor Buruk Islandia Lawan Tim Asia

10 Januari 2018   23:27 Diperbarui: 10 Januari 2018   23:31 1048 10 3
Rekor Buruk Islandia Lawan Tim Asia
(Timnas Islandia /sumber foto diambil dari Dailymail)

Rekor buruk Islandia lawan tim Asia sepertinya akan berakhir saat melawan Indonesia Selection dan Timnas U23.Juga ada tren menarik melihat cara Islandia memilih tim dari Asia yakni saat libur kompetisi sepakbola dibeberapa Negara eropa di Skandinavia seperti Denmark, Swedia dan juga tentunya kompetisi di internal Islandia.Hingga Islandia pun menerima tantangan melakoni ujicoba internasion di Indonesia melawan Indonesia Selection (11/1) serta Timnas Indonesia U23 (14/1).

Lalu bagaimana performa Negara yang menjadi peserta Piala Dunia 2018 Rusia tersebut jika menghadapi wakil Asia? Sebagai Negara dengan perkembangan sepakbola yang bagus walau memiliki populasi penduduk sedikit,Islandia memang mampu mengembangkan sepakbola mereka lewat pelatihan para pelatih mereka diserta pengembangan pemain usia muda mereka yang bermain di liga Islandia hingga menjadi pemain kunci diklub-klub liga utama seperti liga primer Inggris namun rekor buruk menghantui Islandia jika bermain di Asia.

Berikut catatan pertemuan Islandia melawan tim-tim asal Asia hingga laga terakhir mereka saat bermain imbang 1-1 dengan Qatar di Doha pada November 2017 silam. Dalam dua dekade terakhir , Islandia melakoni 10 laga kontra tim asal Asia dengan dua laga digelar di Inggris dan Perancis. Bermain di Asia , Islandia hanya mampu menang 3-1 atas India di Millenium Cup 2001 serta 1-0 atas Arab Saudi dalam laga persahabatan di Arab Saudi.

(Catatan ujicoba Islandia lawan tim Asia/dokumen pribadi)
(Catatan ujicoba Islandia lawan tim Asia/dokumen pribadi)

Islandia puin menelan empat kekalahan dari lawan mereka di Asia yakni 1-2 saat jumpa UEA di Abu Dhabi, lalu dua kali menelan kekalahan dari Jepang saat ujicoba di Jepang (1-3) dan di Inggris (2-3). Satu kekalahan lainnya saat takluk 0-1 dari Iran dikandangnya.Kuwait menjadi lawan tradisional Islandia karena keduanya telah bertemu tujuh kali dengan Islandia menang dua kali dan sekali kalah.

Walau memiliki catatan rekor buruk dengan tim asia, Islandia memiliki kans besar untuk menang dalam dua ujicoba mereka di Indonesia.Kompetisi di Indonesia yang sedang libur serta masa persiapan yang kurang maksimal menjadi salah satu dasar Islandia bisa menang dengan skor mencolok kali ini.Tetapi peluang Indonesia tetap ada untuk memperpanjang rekor buruk Islandia setiap bermain di Asia.

#RekorBurukIslandia
#UjicobaInternasional