Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Lainnya - Weedy Koshino

Konnichiwa! Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Penulis Buku Unbelievable Japan 1,2,3 dan Amazing Japan. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

"Amazing Japan", Mimpi-mimpi Saya untuk Indonesia Tercinta

29 Januari 2018   19:03 Diperbarui: 30 Januari 2018   07:42 2282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Amazing Japan, Membangun Karakter Anak di Sekolah Jepang


Alhamdulillah, telah terbit buku ketiga saya yang kini telah di jual di Gramedia dan toko-toko buku terdekat. Buku ini saya beri judul, AMAZING JAPAN. Kenapa saya beri judul Amazing Japang? karena buku ini berisi tulisan-tulisan akan kekaguman saya tentang kegiatan yang ada di sekolah Jepang, yang bagi saya begitu menginspirasi dan membayangkan apabila apa yang saya lihat dan alami ini, juga diterapkan di tanah air tercinta, Indonesia, dan bisa membentuk karakter anak-anak Indonesia yang kuat dan hebat. 

Buku Amazing Japan ini adalah mimpi-mimpi saya untuk Indonesia. Semua kisah yang saya tulis dalam buku ini adalah pengalaman yang saya alami sendiri saat saya menghadiri acara atau kegiatan sekolah anak-anak. Banyak pemandangan-pemandangan yang bikin saya melongo dan berdecak kagum. 

Manner anak-anak Jepang ini patut di acungi jempol! Dalam menjaga kebersihan, ketertiban, menjalankan tanggung jawab dan kewajiban, hormat kepada yang lebih tua, kok ya sepertinya bukan hal yang susah lagi untuk dijalankan oleh mereka tanpa kita perlu gembar gembor bersusah payah menyuruhnya. Kenapa bisa begitu? Siapa yang meyuruhnya? Orang tua? Guru? Lingkungan? Hmmm....

Ada satu bahasan dalam buku ini yang saya yakin adalah kunci jawaban, kenapa Jepang bisa menjadi negara besar, hebat dan maju, yaitu gimana Jepang tidak main-main dan sangat serius kalau sudah berurusan dengan yang namanya KEBERSIHAN! 

Sampai sekarang saya masih suka tidak percaya dengan kegiatan bersih-bersih di sekolah Jepang, hingga suatu saat saya lihat dengan mata kepala sendiri kalau ternyata benar anak-anak sekolah di Jepang itu bukan hanya mengepel dan menyapu lantai ruangan kelas dan koridor saja tapi juga mereka harus MENGOSREK WC! Gila apa yaa?? Ini orang tua murid pada nggak marah apa anaknya dijadiin tukang ngsorek wc? hahahaha! 

Dan lucunya lagi, saat saya tanya anak-anak saya tentang kegiatan ngosrek wc ini, lahh kok ya mereka malah seneng dapet  tugas ini, kenapa? karena bisa main air katanya! Dan jangan dikira cuma sikat lantai wc saja loh, selain sikat lantai, mereka juga harus ngosrek dan ngelap jambannya juga!! huwaaa..

Yang bikin saya salut lagi adalah, semodern-modern-nya Jepang dengan toilet yang super canggihnya itu tapi untuk sekolah dasar negeri, sekolah mempunyai aturan untuk membiasakan anak-anak menggunakan washiki, toilet tradisional Jepang yang model jongkok :D jadi anak-anak tidak tahunya hanya yang canggihnya saja tapi toilet tradisional yang dulu dipakai oleh kakek nenek mereka, tidak membuat mereka gagap dan emoh menggunakan toilet washiki ini.

Bahasan tentang kebersihan di sekolah selain ngosrek wc, ada juga yang jadi pemandangan super indah setiap saya mau menghadiri acara temu guru dan orang tua murid, yaitu banyaknya kain pel super dekil yang di jemur pas di depan masing-masing kelas. Salut! Jadi melihat ini semua saya bisa membayangkan gimana anak-anak ini setiap hari saat jam istirahat heboh pada ngosrek dan ngepel lantai hingga kain pel yang dijemur ini haduh begitu mengenaskan penampakannya, dari yang putih bersih menjadi hitam legam super dekil hahaha! 

Mereka begitu enjoy melakukan semua kegiatan di sekolah, karena para gurunya selain mengawasi juga ikut melakukan bersama-sama. Bahkan saya pernah lihat loh kepala sekolahnya nyabutin rumput di depan gerbang sekolah :D 

Harmonisnya hubungan para pendidik dan anak murid bukan sebatas pengajar dan yang diajar saja, tapi saat melakukan suatu kewajiban, mereka akan sama-sama melakukannya, guru bukan hanya menyuruh dan mengatur saja tapi juga ikut melakukannya sembari mereka memberi contoh untuk ditiru. Hal ini saya lihat saat acara ngepel dalam kelas, ibu guru dengan gesit menyapu pojok-pojok kelas dan anak-anak serempak mengepel lantai sampai ke setiap sudut. Subarashii. 

Lalu bagaimana dengan kurikulum di sekolah jepang sih? Rapor anak-anak Jepang kayak gimana? Dan lucunya ada loh trik sekolah buat anak-anak murid agar tidak bolos sekolah sehari pun!! Penasaran..?? tenang saja karena semua saya tulis secara rinci pada setiap artikel dalam buku Amazing Japan! Kisah permainan jadul yang justru masuk dalam kurikulum sekolah Jepang, ternyata ada juga loh mainan yang sama juga di Indonesia!! :D Kisah ibu-ibu yang dapat tugas patroli keliling ngawas anak-anak berangkat sekolah, dan gimana sampah-sampah di rumah bisa disulap jadi mainan robot, menara, mobil-mobilan. Serta kisah-kisah inpiratif yang saya lihat melalui berita di TV dan koran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun