Mohon tunggu...
WawanAdalah
WawanAdalah Mohon Tunggu... Pribadi

Fotografer

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

TNI AU Gelar Acara Internasional, Perkuat Citra Indonesia Jadi Negara Maritim

21 Februari 2020   08:45 Diperbarui: 21 Februari 2020   08:50 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TNI AU Gelar Acara Internasional, Perkuat Citra Indonesia Jadi Negara Maritim
Sumber: liputan6.com

Tentara Nasional Indonesia Angkata Udara (TNI-AU) akan menggelar acara internasional yang bernama Multilateral Neval Exercise Komodo (MNEK) untuk memperkuat citra Indonesia sebagai negara maritim.

Acara MNEK rencana akan dilaksanakan di provinsi DKI Jakarta dan Bangka Belitung pada Agustus 2020 mendatang. Seperti dilansir Liputan6.com ada sekitar 54 negara peserta yang diundang pada MNEK 2020.  

Indonesia negara banyak kepulauan. Negara luar harus tahu, betapa indahnya bangsa ini dikelilingi pulau. Acara gelaran ini meruapakan hajatan dua tahun sekali dengan mengundang negara dari seluruh dunia.

Berbagai negara yang akan diundang antara lain; Australia, Bangladesh, Belarus, Brazil Brunei Darussalam, Cambodia, Canada, China, Chile, Czech Republic, Colombia, France, Fij, Germany, India, Iran, Iraq, Italy Japan, Kazakhstan, Laos Malaysia, Mexico Myanmar, Netherland, New Zealand, New Caledonia, Nigeria, North Korea, Oman, Palau, Papua New Guinea, Peru, Pakistan, Philippines Belanda, Portugal, Russia, Saudi Arabia, Singapore, South Africa, South Korea, Spain, Srilanka, Sweden, Thailand, Timor Leste, Tonga, Turkey, USA United Kingdom, UAE, Ukraine, dan Vietnam.

Banyak negara diundang di acara itu. Kami yakin, negara lain tertarik dan ingin terus menerus  ke Indonesia.

Info yang didapat katanya,  TNI AL akan berikan konsep poros maritim. Ini cocok kawan karena kan negara kita adalah negara maritim.  Tak hanya itu, para peserta dari luar negeri ini nanti akan diberi gambaran seperti apa maritim Indonesia, pesona wisata, kultur, budaya dan kekayaan daerah.

Nah lagi nih. Cocok bener kan, jadi orang luar tahu bagaimana keadaan Indonesia sesungguhnya. Bukan kaleng kaleng.

Kami harap 54 negara ini tahu Indonesia. Jadi bukan hanya Bali saja yang dikenal. Pesona wisata lain di tanah Air orang luar negeri wajib tahu. Caranya sudah pas, yaitu hajatan MNEK .

Perlu diketahui nih, MNEK pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Maret hingga 3 April 2014 di Kepulauan Riau, Anambas dan Laut Natuna.

Saat itu ada 18 negara peserta. Sementara, MNEK Kedua dilaksanakan pada tanggal 11-16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai yang di ikuti 35 negara peserta.

Kemudian, MNEK Ketiga dilaksanakan pada tanggal 4-9 Mei 2018 di Pulau Lombok dan Pulau Nusa Penida yang diikuti 36 negara peserta. Dan MNEK Keempat akan dilaksanakan di Jakarta dan Bangka Belitung pada Agustus 2020 dengan tema kegiatan "Cooperation To Strengthen International Maritime Security".

VIDEO PILIHAN