Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Bukti bahwa Kompasiana dan Kompasianival Bukan "Kaleng-kaleng"

5 Desember 2020   08:19 Diperbarui: 5 Desember 2020   19:34 234 29 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukti bahwa Kompasiana dan Kompasianival Bukan "Kaleng-kaleng"
Menaker Ida Fauziyah menyempatkan hadir di Kompasianival 2020 secara virtual meski sedang dalam kondisi terpapar Covid-19. (Dok. Kompasiana)

Duduk santai di teras, saya kaget melihat Kompasianival kemarin sore (4/12/2020). Ketika host memberitahu bahwa sesi bersama Menteri Tenaga Kerja akan segera dimulai, saya sempat menganggap sang host hanya membacakan rundown secara apa adanya.

Mungkin yang dimaksud Menteri Tenaga Kerja ialah perwakilan dari kementerian tersebut. Bukan Ibu menterinya, sebab Ida Fauziyah pasti beristirahat total di tempatnya menjalani isolasi mandiri.

Tiga hari lalu saat mengetahui dari berita bahwa Menaker terinfeksi Covid-19, pikiran saya otomatis menuju Kompasianival. Bagaimana kelanjutannya? Pasti Ibu menteri batal hadir menyampaikan paparan di Kompasianival. Mungkin sesi bersamanya akan diganti dengan obrolan lain dengan narasumber yang berbeda. Atau mungkin juga kehadiran Ibu menteri digantikan oleh staf kementerian terkait.

Akan tetapi dugaan saya ternyata keliru. Setelah host Kompasianival mengalihkan acara ke moderator dan moderator memanggil Menteri Tenaga Kerja untuk memasuki layar, saya merasa surprise. Ibu menteri benar-benar hadir.

Mengenakan masker kain, Ibu menteri duduk dengan dandanan rapi layaknya seorang pejabat menghadiri undangan resmi. Di depan mejanya terpasang pula papan nama menteri. Tanda bahwa beliau sudah mempersiapkan kehadirannya di Kompasianival.

Bahkan ketika beliau membuka pembicaraan dengan menyapa sang moderator yang disebutnya "cantik", saya merasa ibu menteri benar-benar serius hadir di Kompasianival. Apa yang ingin disampaikannya pun langsung ditampilkan di layar utama lengkap dengan judul paparannya.

Tetap hadirnya Menteri Tenaga Kerja di acara Kompasianival tentu sangat istimewa dan berkesan. Walau acara dilangsungkan secara virtual dan jarak jauh, ibu menteri sebenarnya punya alasan yang lebih dari bisa diterima untuk tidak hadir. Bagaimanapun juga menjalani isolasi mandiri bagi OTG Covid-19 butuh istirahat yang baik guna mempercepat kesembuhan.

Ida Fauziyah, Menteri Tenaga Kerja RI (youtube kompas tv).
Ida Fauziyah, Menteri Tenaga Kerja RI (youtube kompas tv).
Kalau hanya untuk urusan memberikan paparan di Kompasianival sangat mudah baginya untuk mendelegasikan kepada staf. Kompasiana maupun kompasianer pasti akan memahami dan memaklumi.

Namun, faktanya Menteri Ida tidak memilih hal itu. Ia tetap hadir menampakkan diri. Ia tetap berbicara sesuai jadwal dan rencana.

Maka dari itu kehadiran Ibu menteri kali ini memiliki dua nilai penting. Pertama, bagi Kompasiana hadirnya seorang menteri dari tempatnya menjalani isolasi mandiri menandakan bahwa Kompasiana dan Kompasianival dihargai dengan sangat baik.

Kompasiana dengan pesta blogger dan netizennya tidak dianggap sebelah mata. Malah dipandang sebagai kegiatan strategis yang "bukan kaleng-kaleng".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN