Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tolak Angin, Naluri, dan Cerita dari Konser Idola

14 Agustus 2018   13:36 Diperbarui: 14 Agustus 2018   13:59 587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selalu sedia Tolak Angin di manapun (dok. pri).

"Minum Tolak Angin saja". Kalimat itu yang sering pertama kali disampaikan setiap anggota keluarga kami jika ada anggota keluarga lainnya sedang kurang enak badan. Entah kapan persisnya Tolak Angin menjadi "konsensus" di keluarga kami. Pilihan menjadikan Tolak Angin sebagai sahabat keluarga barangkali tak lepas dari kebiasaan kami yang suka minum minuman tradisional dan jamu. 

Sejak dulu orang tua menekankan kepada saya dan dua saudara saya untuk tidak "sedikit-sedikit minum obat". Obat-obatan memang dibutuhkan untuk mengatasi sakit, tapi terlalu bergantung pada obat juga kurang baik. Sebagai alternatif sejak kecil kami sering diberi minuman hangat berbahan alami seperti wedang jahe dan wedang uwuh jika sedang masuk angin, flu, atau meriang.

Sejak SMP saya sudah terbiasa minum jamu seperti beras kencur dan kunyit asam. Ibu sering membelikannya dari penjual jamu gendong yang berjualan keliling di sekitar rumah. Seiring waktu kami tidak terlalu sering lagi meminum jamu. Namun, saya dan keluarga masih suka merebus atau menyeduh minuman hangat dari bahan-bahan herbal kering jika ingin menikmati khasiat minuman tradisional.

Naluri Tolak Angin

Kegemaran dan kebiasaan menikmati minuman berbahan alami sejak kecil itulah yang membuat saya mudah cocok dengan Tolak Angin cair yang diproduksi oleh Sido Muncul. Memang, dulu saat pertama kali meminum Tolak Angin saya agak terkejut dengan rasanya. Aroma dan rasanya cukup kuat sehingga saya sempat mencampurkannya ke teh hangat. Tapi kemudian lidah saya segera menerima. Meminum Tolak Angin secara langsung tidak lagi terasa aneh dan bahkan saya menyukainya.

Semakin mudah bagi saya memilih Tolak Angin saat tahu komposisinya terdiri dari bahan-bahan alami, yaitu jahe, daun mint, daun cengkeh, buah adas, buah ules ditambah madu dan diproduksi melalui proses berstandar Good Manufacturing Process (GMP). Kemasan plastiknya yang kuat dan tidak mudah pecah atau robek membuat cairan Tolak Angin senantiasa terjaga dan aman untuk dibawa.

Tolak angin dalam kantung obat-obatan pribadi yang selalu saya bawa ke manapun pergi (dok. pri).
Tolak angin dalam kantung obat-obatan pribadi yang selalu saya bawa ke manapun pergi (dok. pri).
Seperti sudah menjadi naluri atau insting, saya meminum Tolak Angin saat mulai merasa kurang enak badan atau kebugaran menurun. Tidak hanya untuk mengatasi masuk angin, Tolak Angin juga saya gunakan manakala daya tahan tubuh mulai berkurang akibat kelelahan dan kurang tidur. Ini saya lakukan terutama karena sering bepergian ke luar kota dengan menempuh perjalanan malam. Dalam kondisi demikian meminum Tolak Angin telah serupa kebutuhan. Sokongan Tolak Angin membantu menjaga kondisi tubuh saya dari gangguan kesehatan yang sering timbul saat perjalanan malam dalam suhu dingin. 

Kadang saya harus bepergian jauh menggunakan bus. Hawa pengap di dalam bis, suhupendingin udara yang berlebihan, ditambah laju bis yang sering terhentak menjadi momok bagi saya. Dalam situasi ini Tolak Angin ampuh mencegah rasa mual berlebihan selama perjalanan. Sebelum berangkat saya selalu meminum satu sachet Tolak Angin sebagai "pengaman" perjalanan.

Oleh karena itu, saya berusaha selalu menyediakan Tolak Angin dalam kantung obat-obatan pribadi yang saya bawa ke manapun pergi. Saat packing menyiapkan kebutuhan yang harus dibawa saya pasti memeriksa isi kantung obat untuk mengetahui apakah masih ada Tolak Angin atau tidak. Jika habis saya akan membelinya di apotek atau swalayan terdekat. Dalam hal ini sangat mudah mendapatkan Tolak Angin di manapun.

Tolak Angin di Konser Idola

Cukup lama mengandalkan Tolak Angin cair, sepanjang itu pula saya mendapatkan manfaat dari khasiat kandungan bahan alaminya. Beberapa kejadian cukup berkesan di mana berkat Tolak Angin urusan dan aktivitas saya dimudahkan. Salah satunya saya alami pada pertengahan November 2015 saat akan membawakan presentasi hasil penelitian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun