Mohon tunggu...
Kris Wantoro Sumbayak
Kris Wantoro Sumbayak Mohon Tunggu... Pengamat dan komentator pendidikan, tertarik pada sosbud dan humaniora

dewantoro8id.wordpress.com • Tak limpah materi, tapi membeli buku. Tak pintar, maka terus membaca.

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Artikel Utama

Siapa Cepat Dia Dapat, "Kompetisi" Tes Antigen

4 Januari 2021   18:21 Diperbarui: 5 Januari 2021   14:32 538 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Cepat Dia Dapat, "Kompetisi" Tes Antigen
Antrean pasien di RS Rasyida | KRIS WANTORO

Apakah pemerintah serius menangani COVID-19? Bisa ya, mungkin tidak.

Kalau serius, harusnya ada kemajuan. Nyatanya ada kebijakan yang kontradiksi. Mustahil menyenangkan semua pihak, setuju. Tapi, di sisi mana lebih banyak berpihak, rakyat atau korporasi (laboratorium klinik)?

Tanggal 22 Desember, sehari sebelum bapak ibuku kembali dari Medan ke Jawa Tengah, adikku mendapat info. Syarat terbaru melakukan penerbangan yakni surat keterangan tes antigen, akurasi yang lebih tinggi dibanding rapid antibodi, di bawah swab. (kompas.com)

Kalau tes antibodi (rapid) diambil sampel darah, tes antigen diambil kelenjar dalam hidung. Sedang tes swab, kelenjar hidung dan mulut, alat pengujinya lebih mahal sejalan biaya tes.

Proses tes bapak-ibuku lancar jaya, ibarat antre di pintu tol pun tidak. Hasil keluar dalam 60 menit. Biaya membengkak tak mengapa. Tugas rakyat mematuhi aturan kan? (Awas saja kalau ada yang menerima fee dari mekanisme ini!)

Sepekan berikut, Sabtu tanggal 2, gantian aku dan istri yang tes antigen. Dengan riang kami berangkat dari kampung ke Pematang Siantar, selow naik motor.

Untuk informasi, masa berlaku tes antigen 3x24 jam, tidak seperti antibodi, 14 hari. Supaya rakyat tidak berlama liburan.

Tiket kami Senin tanggal 4. Wajar tes Sabtu. Minggu mungkin tutup. Jumat kecepeten, kadaluwarsa.

Tiba-tiba... "Kapasitas tes hari ini habis" Wah, macam April mop, padahal masih hari kedua 2021. Di Siantar hanya dua RS yang siap melayani tes antigen, RS Tentara dan Rasyida, masing-masing berkapasitas 300 dan 200/hari.

Di RS Tentara, kami tiba pukul 11-an, sudah habis. Di Rasyida, juga habis. Solusi?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN