Mohon tunggu...
WANDA ALVIONITA AGUSTIN
WANDA ALVIONITA AGUSTIN Mohon Tunggu... Mahasiswa

Introvert lady

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memaknai Sumpah Pemuda

27 Oktober 2020   17:36 Diperbarui: 27 Oktober 2020   17:50 23 0 0 Mohon Tunggu...

Sumpah Pemuda adalah ikrar yang dihasilkan dari Kongres Pemuda II yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Kongres Pemuda II dadakan di Gedung Pemuda, Jakarta, Indonesia. 

Kongres ini diadakan untuk melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, dan memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Sebelum terbentuknya Kongres Pemuda II, telah diadakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Jakarta. Tujuan Kongres Pemuda I yaitu membntuk sebuah badan guna memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia dan demi menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda Indonesia. 

Kongres Pemuda I berakhir karena masih adanya perbedaan pandangan dan diakhiri tanpa hasil. Setelah di gelar beberapa pertemuan maka disepakati bahwa Kongres Pemuda II akan dilaksanakan.

Cara kita memaknai Sumpah Pemuda untuk saat ini yaitu dengan mempelajari budaya yang ada di Indonesia, karena Indonesia memiliki 714 suku dan 1.001 bahasa yang bisa kita pelajari. Indonesia memiliki banyak budaya, maka dari itu kita harus bisa menghormati perbedaan yang ada.  

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga salah satu upaya memaknai Pancasila. Pasti banyak dari kita yang belum tentu tau banyak kosakata yang ada di KBBI, jangan hanya menfokuskan bahasa asing dan perbanyak kosakata bahasa Indonesia.  

Ketika membaca isi Sumpah Pemuda membuat kita merasakan semangat pemuda-pemudi pencetus Sumpah Pemuda yang mendorong semangat juang generasi muda. 

Ini menjadi contoh bagi generasi muda untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu bagi bangsa Indonesia. Ini juga bisa sebagai ajakan untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Berikut isi Sumpah Pemuda:

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia  mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

VIDEO PILIHAN