Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Bermukim di Belanda. Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl Youtube channel: Kiki's Mom Website: Walentina Waluyanti

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Nyata! Rumah Terbelah Jadi Dua Wilayah Negara

3 Mei 2021   01:45 Diperbarui: 5 Mei 2021   11:01 1855 30 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nyata! Rumah Terbelah Jadi Dua Wilayah Negara
Foto: Tampak pasangan ini berdiri di garis perbatasan antara Belanda dan Belgia di kota Baarle-Nassau (Belanda) dan kota Baarle-Hertog (Belgia). Batasnya hanya selangkah!| Dokumentasi pribadi

Yang ini berbeda dari biasanya. Bagaimana tidak? Biasanya garis perbatasan negara itu berada di atas bidang tanah yang luas. Keunikan garis-garis perbatasan di kota Baarle Nassau (Belanda) dan Baarle-Hertog (Belgia), bisa disebut bentuknya seperti puzzle. Sebab garis perbatasan itu bukan memanjang dari kiri ke kanan seperti yang dibayangkan orang, melainkan berkelak-kelok ruwet mengelilingi kota, bahkan sampai masuk rumah! 

Ya! Garis perbatasan negara itu bahkan sampai membelah rumah penduduk. Sehingga bisa terjadi di dalam satu rumah itu, ada ruang yang termasuk ke dalam wilayah Belanda, dan ada ruang yang termasuk ke dalam wilayah Belgia.

Juga bisa terjadi dalam arti sebenarnya, bukan arti kiasan, kaki kiri berada di Belanda, dan kaki kanan berada di Belgia. Jarak antara Belanda dan Belgia begitu dekatnya, sehingga batasnya hanya sebatas satu langkah kaki saja.

Foto: Penulis berdiri di wilayah Belanda dan menunjuk ke huruf B, artinya wilayah Belgia.| Dokpri
Foto: Penulis berdiri di wilayah Belanda dan menunjuk ke huruf B, artinya wilayah Belgia.| Dokpri
Foto: Garis perbatasan antara Belanda-Belgia, tampak huruf (Belgia) dan NL (Nederland).| Dokpri
Foto: Garis perbatasan antara Belanda-Belgia, tampak huruf (Belgia) dan NL (Nederland).| Dokpri
Kota Baarle Nassau di Belanda dan kota Baarle-Hertog di Belgia memang punya ciri khas yang unik. Di beberapa tempat, di atas permukaan jalannya bisa dijumpai garis perbatasan yang ditandai dengan tanda "plus" yang membentuk garis memanjang. Dan di kiri kanan dari garis ini ada huruf "B" artinya wilayah Belgia, dan huruf "NL" artinya Nederland.

Garis perbatasan antara Belanda dan Belgia di kota Baarle Nassau dan kota Baarle-Hertog  ini, sampai membelah rumah, toko, bangunan, taman, kebun menjadi dua wilayah negara.

Bukan hanya dipermukaan jalan saja, bahkan garis perbatasan itu jelas terlihat sampai masuk ke rumah! Garisnya tergambar jelas di atas lantai ruangan!

Foto: Garis perbatasan antara Belanda dan Belgia sampai masuk ke dalam ruangan.| Dokpri
Foto: Garis perbatasan antara Belanda dan Belgia sampai masuk ke dalam ruangan.| Dokpri
Yang lebih unik lagi, rumah, toko dan bangunan yang "dibelah" oleh garis perbatasan negara, mendapatkan dua nomor rumah yang berbeda. Jadi satu rumah bisa memiliki dua nomor yang berbeda. 

Nomor yang satu diperoleh dari negara Belanda, dan nomor lainnya diperoleh dari negara Belgia. Terasa absurd, tapi ini nyata. Bagaimana mungkin satu rumah memperoleh dua nomor dari dua negara?

Di bawah ini foto dari poster besar di dekat kantor balaikota Baarle-Nassau, yang memperlihatkan salah satu dari sejumlah rumah penduduk yang memperoleh 2 nomor rumah dari 2 negara.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Karena begitu banyak daerah berkelak-kelok yang bisa termasuk Belanda, dan bisa termasuk Belgia, maka bisa saja orang menjadi bingung. Bagaimana mengetahui apakah sedang berada di Belanda atau di Belgia? 

Pertama, ini bisa diketahui dengan melihat nomor rumah. Setiap nomor rumah diberi simbol warna bendera negara. Selain itu tentunya dengan melihat garis batas wilayah di atas permukaan jalan (tanda "plus" yang membentuk garis memanjang). Tanda batas wilayah itu juga selalu ditandai dengan pancang batas dengan bentuk seperti di bawah ini.

Foto: Tiang pancang batas antara Belanda dan Belgia.| Dokpri
Foto: Tiang pancang batas antara Belanda dan Belgia.| Dokpri
Kota Baarle-Nassau di Belanda dan kota Baarle-Hertog di Belgia ini disebut juga daerah enklave. Enklave atau daerah kantong adalah negara/bagian negara yang dikelilingi oleh wilayah suatu negara lain (Sumber: Wikipedia).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN