Wakuliner
Wakuliner

Marketplace Kuliner Pertama di Indonesia, untuk One-Stop Solusi Kuliner Anda. IG : @wakuliner FB : @wakuliner Download di Play Store & App Store : http://qrs.ly/ac68cjd

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Rahasia di Balik Nikmatnya Cumi Sambal Merah

7 Oktober 2018   16:14 Diperbarui: 7 Oktober 2018   18:28 323 0 0
Rahasia di Balik Nikmatnya Cumi Sambal Merah
Dokpri


Jajan  Makanan Online beberapa rumah makan yang memiliki menu  cumi sambal merah terlihat ramai pengunjung. Ini adalah bukti bahwa  cumi sambal merah memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Pada  artikel ini, Wakuliner yang memiliki jasa Jajan Makanan Online akan memberikan ulasan tentang rahasia dibalik nikmatnya cumi sambal merah.

Bahan

1/2 kg cumi-cumi

Bumbu dihaluskan:

  1. 10 buah cabai merah keriting
  2. 10 buah cabai rawit merah
  3. 8 butir bawang merah
  4. 5 butir bawang putih
  5. 2 ruas jahe, kupas kulitnya

Bumbu lainnya:

  1. 2 batang serai
  2. 2 ruang lengkuas, pipihkan
  3. 3 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. 1 sendok makan gula pasir
  6. 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
  7. 1 sendok teh kaldu bubuk
  8. 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bagimana cara membuatnya? Berikut langkahnya:

Keluarkan bagian kepala  cumi-cumi dari badannya. Jika bagian kepala cumi-cumi akan Kamu masukkan  juga ke dalam masakan, maka kita harus hilangkan bagian mulutnya.  Bagian ini terletak di tengah-tengah kepala cumi-cumi diantara tentakel-tentakelnya yang menjulur panjang.

Letakkan kepala cumi-cumi di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda,  kemudian pencet hingga bagian mulut ini keluar. Tarik dan buang.  Bersihkan bagian isi badan cumi-cumi seperti tinta dan isi perutnya.  Kemudian dengan pisau tajam buat sobekan di badan cumi-cumi hingga  kulitnya yang berwarna ungu sedikit terkelupas, tarik lepas kulit cumi  dengan jari-jari tangan hingga bersih. 

Potong-potong badan cumi-cumi,  beri 1 sendok teh garam, remas-remas dan diamkan sebentar kemudian cuci  hingga bersih dan kesat. Cumi-cumi siap digunakan.

Untuk memasaknya, siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis  bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga bumbu  harum dan berubah warna. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk  rata. Masak hingga bumbu matang dan sedikit mengering. 

Masukkan  cumi-cumi ke dalam tumisan bumbu dan masak hingga cumi-cumi matang dan  air mengering. Jangan memasak cumi-cumi terlalu lama karena dagingnya  akan menjadi liat dan rasa dagingnya kurang manis. Cicipi tumisan dan  angkat cumi-cumi dari wajan. Untuk informasi pemesanan cumi sambal  merah.