Mohon tunggu...
Wajih
Wajih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakir Ilmu

Hanya manusia biasa yang berusaha menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ngeri! Dampak Negatif Media Sosial

14 Juli 2021   23:41 Diperbarui: 14 Juli 2021   23:54 68 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngeri! Dampak Negatif Media Sosial
Gambar diperoleh dari: https://topcareer.id/r

Sebelumnya, penulis berterima kasih kepada kompasiana yang telah menyediakan wadah untung sharing berbagai informasi. Tulisan ini dibuat guna memenuhi tugas dari mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi di program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Pada kesempatan kali ini, penulis mencoba mengulas lebih dalam mengenai perkembangan Industri Teknologi yang ada di dunia.

APA INDUSTRI TEKNOLOGI ?

Sebelum memahami definisi dari pengertian diatas, mari kita pahami kalimatnya secara satu-persatu terlebih dahulu.

Berdasarkan laman Wikipedia, Industri adalah suatu bidang atau kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pengolahan bahan baku atau pembuatan barang jadi di pabrik dengan menggunakan keterampilan dan tenaga kerja serta penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil bumi, dan distribusinya sebagai kegiatan utama. Industry juga dapat diartikan sebagai kumpulan berbagai perusahaan yang menawarkan produk yang sama. Dengan kata lain, masing-masing produk saling mengsubstitusi satu sama lain karena perusahaan menggunakan input yang sama dan menghadapi lebih kurang sekelompok pemasok dan pembeli yang sama juga.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), industry yaitu sebuah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan.

Selanjutnya adalah definisi dari teknologi, berdasarkan laman Wikipedia, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi merupakan metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan, keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Dapat disimpulkan bahwa, industri teknologi yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dalam mengolah bidang produk ataupun jasa yang didalamnya terdapat alat-alat sederhana atupun besar yang membantu dalam sebuah proses menghasilkan produk dan jasa tersebut.

Saat ini, negara yang ada didunia sedang berlomba-lomba memasuki industry 4.0, begitupun juga negara tercinta kita ini. Seperti yang tercantum dalam laman Forbes, revolusi industrt 4.0 (generasi keempat) bisa diartikan sebagai adanya perpaduan sebuah sistem cerdas dan otomatis dalam industry itu sendiri. Aktivitas ini digerakkan oleh data melalui teknologi yang disebut machine learning dan Artificial Intellegence (AI). Dapat digaris bawahi, industry 4.0 memberikan tugas kepada komputer untuk saling terhubung dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk membuat keputusan tanpa melibatkan campur tangan manusia. Aktivitas ini diolah dengan cara sistematis dan otomatis.

Gambar diperoleh dari: https://muh-amin.com/
Gambar diperoleh dari: https://muh-amin.com/

Seperti yang tertera dilaman Wikipedia, Industri 4.0 dapat menghasilkan "pabrik yang cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Melalui Internet of Things (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Sebelum mengulas lebih dalam, disini saya akan mencoba memberikan pengertian sederhana dari kalimat-kalimatnya.

Teknologi

Teknologi yaitu keseluruhan metode yang memiliki ciri efisiensi dalam setiap aktivitas manusia. Yang dimaksud makna dari efisiensi adalah kefektifan dari teknologi tesebut, seperti memiliki manfaat ataupun berguna sebelum adanya teknologi tersebut.

Informasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x