Mohon tunggu...
wahyuning fatimah
wahyuning fatimah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Terkontaminasi Virus Omjay

20 Januari 2023   12:06 Diperbarui: 20 Januari 2023   14:00 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
salah satu kelas yang dikirim rekaman video tutorial membuat blog/dokpri

Tadi malam setelah sholat Maghrib dan membaca Yasin Tahlil, entah mengapa rasanya saya suntuk sekali padahal harusnya malam tadi saya mengedit hasil karya KKJP. Laptop di hadapan tidak bergeming saat saya abaikan, bahkan saya hanya bermain dengan hp membaca satu persatu blog yang dikirim oleh teman-teman dari WAG KBMN PGRI 28. 

Setelah  membaca sebuah artikel tentang 150 siswaku menjadi blogger yang saya tangkap bapak guru ini pasti terkena virus Omjay, ada ide dalam diri ini bagaimana jika saya pun mengikuti jejak beliau. Akhirnya saya putuskan untuk menyimak sebuah video tentang cara mudah membuat blog saya cermati dan mengATMkan yang ada di youtobe tersebut. Berikut link youtobe yang saya simak https://youtu.be/gP3zupwJhpM . Saya langsung beranjak merekam bagaimana cara membuat akun blog, merubah template, membuat blog, mempublikasikan blog hingga membagikan hasil blog ke WAG. Kemudian saya sebar rekaman tersebut ke enam kelas yang saya ajarkan yaitu kelas 7A-D untuk pelajaran Bahasa Indonesia dan kelas 7F dan 7G untuk pelajaran Informatika.

Banyak tanggapan dari siswa dari wa yang saya kirimkan. Kelas 7A adalah kelas yang responsif, mereka langsung mengeksekusi rekaman yang dikirimkan dan bertanya sesekali via wa saat ada kendala. Maryam Ade Aulia, siswa kelas 7A yang sering menganggap dirinya tak mampu justru menjadi blogger pertama di SMPN 156 Jakarta untuk tingkat kelas 7 sesuai data yang saya miliki ya. Dia langsung mengirimkan hasil blognya dalam bentuk screenshot dan meminta bantuan bagaiaman untuk membagikannya agar saya bisa melihat hasil tulisannya di blog.

dokpri
dokpri

Alhasil hanya melalui tutorial sederhana secara online, Maryam Ade Aulia bisa membagikan link blognya ke wa saya secara japri. Kesibukan malam ini tidak terhenti pada Maryam Ade Aulia, masih ada beberapa murid kelas 7A  dan 7C yang secara bergantian mengirimkan hasil tulisan perdana di blognya hingga pukul 22.59. Hampir lupa bahwa hari ini adalah hari Jumat yang seluruh siswa dan guru masih harus melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Saya hentikan percakapan dan meminta mereka mempersiapkan diri untuk istirahat agar bangun tepat waktu dan datang ke sekolah dengan semangat.

Hari ini saya masuk kelas 7A dan 7F dengan mata pelajaran yang berbeda. di kelas 7A untuk pelajaran Bahasa Indonesia materi teks berita, seperti biasa saya memulai dengan membaca doa dan memeriksa kehadiran siswa kemudian merevieu materi sebelumnya, lalu saya menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu membandingkan berita hoak dan berita valid.  Saya mengajak siswa membaca dua berita yang berbeda yakni satu berita yang biasa dikirimkan ke wa secara acak dan satu berita yang biasa kita baca dari koran. 

Kegiatan mereka adalah membandingkan kedua berita tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kedua berita itu. Karena saya masih mengikuti pelatihan daring tentang multimedia, saya meminta maaf kepada mereka sebab harus meninggalkan kelas dan hanya memberikan mereka tugas untuk dikumpulkan setelah jam pelajaran   Bahasa Indonesia berakhir. Sebelum saya meninggalkan kelas, ada beberapa siswa yang menanyakan kembali dalam membuat blog, sekilas saya menjelaskan kembali  tutorial membuat blog secara offline namun saya tidak melakukan praktik langsung agar kegiatan membandingkan berita berjalan sesuai jadwal.  

Alhamdulillah, semua siswa hadir dan mereka mengumpulkan hasil tugas. Tepat pukul 09.20, saya mengajar kembali di kelas 7F dengan mata pelajaran Informatika, lagi saya hanya bisa memberikan tugas tentang Jaringan Komputer dan Internet. Sebelum saya kembali ke pelatihan daring, salah seorang siswa bertanya tentang rekaman blog akhirnya lanjut saya menerangkan dulu untuk mereka praktikkan bagaimana cara membuat blog dan menulis tugas di blog perdana yang mereka buat, lalu kirim linknya di grup kelas 7F. 

dokpri
dokpri

Amazingggggg......tanpa diduga-duga, respon siswa kelas 7F sangat baik, mereka benar-benar mengirimkan hasil tugas dalam bentuk blog dan dikirimkan ke WAG Informatika kelas 7F. Omjay benar-benar telah membawa virus kepada ribuan guru di Indonesia bagi orang-orang yang ingin belajar menulis. Terima kasih Omjay telah memudahkan saya dalam pembelajaran hari ini, pelatihan daring bisa saya ikuti dan hasil tugas anak bisa saya dapatkan dengan simpel tanpa harus mengumpulkan tumpukan buku yang semakin banyak di meja kerja saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun