Mohon tunggu...
Wahyu_Universitas Siber Asia
Wahyu_Universitas Siber Asia Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Jakarta, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Peluang dan Ancaman CRM (Customer Relationship Management)

28 November 2021   04:14 Diperbarui: 28 November 2021   06:21 803
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem yang penting bagi perkembangan bisnis saat ini.  Sistem ini dapat merampingkan proses pada bisnis sehingga dapat meningkatkan produktifitas guna memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan adanya hal ini, maka CRM juga dapat menjadi alat untuk menguatkan hubungan antara produsen dengan konsumen. Oleh karena itu, CRM kini menjadi salah satu strategi bisnis inti untuk mengelola dan mengoptimalkan semua interaksi pelanggan di seluruh organisasi, baik secara tatap muka maupun secara virtual.

Lalu, apa saja peluang yang diciptakan oleh Customer Relationship Management (CRM)?

Adakah risiko atau ancaman yang tercipta dengan adanya Customer Relationship Management?

Tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita bahas Peluang dan ancaman CRM (Customer Relationship Management)

  • Manfaat dan Peluang Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) memudahkan para produsen untuk melihat gambaran yang jelas tentang pelanggan hanya dengan melihat melalui satu dasbor saja. CRM juga mampu menciptakan struktur perusahaan yang nantinya akan mendorong naik tingkat produktifitas, efisiensi serta profitabilitas. 

Kemudian, adanya kepuasan pelanggan dapat menyebabkan pelanggan tidak hanya menggunakan kita sebagai pemasok, akan tetapi juga mempromosikan hasil kerja kita kepada calon pelanggan lain. Hal ini membuat produsen memiliki peluang untuk mendapatkan proyek baru.

Kemudian, manfaat CRM yang lainnya secara umum diantaranya sebagai berikut:

1. Perusahaan perlu menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar pelanggan tidak berpindah hati kepada kompetitor.

2. Baik pengecer, grosir, distributor, produsen dan penyedia logistik perlu memenuhi dan bahkan melampaui ekspektasi konsumen.

3.  Dengan adanya CRM, produk yang berjalan disepanjang rantai pasokan ke pengguna akhir akan memenuhi kebutuhan para konsumen. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hubungan kedekatan dan rasa saling percaya antara produsen dan konsumen.

4. Suatu perusahaan perlu menemukan pemasok yang baik. Sama halnya dengan perusahaan tersebut yang harus menjadi pemasok yang baik bagi konsumennya.

5. Bagi suatu perusahaan, menggunakan sistem pendekatan pelanggan (CRM) akan membantu tingkat penjualan dengan cara menjaga hubungan baik kepada pelanggan. Sehingga pelanggan akan menetapkan perusahaan tersebut untuk menjadi pemasok tetap yang terpercaya.

Namun sayangnya, dibalik banyaknya kelebihan, sistemCRM memiliki kendala utama dalam pengimplementasiannya.

  • Ancaman  Customer Relationship Management (CRM)

1. Menghilangkan Unsur Manusia dalam Perusahaan

Ancaman ini adalah efek domino daripada kelebihan CRM yang merampingkan proses produksi. Dimana hal tersebut berarti CRM dapat menggantikan manusia dengan sistem yang bekerja otomatis. Sebagai contohnya adalah chatbot yang digunakan oleh online shop. Dimana chat konsumen akan dibalas secara otomatis oleh sistem. Hal ini dapat menjadi kemudahan bagi penjual/produsen, tapi kurang baik bagi pembeli/konsumen. Sebab bagaimanapun juga, kita tentu akan lebih senang jika pesan yang kita kirim dibalas oleh manusia asli dan bukan chatbot. Oleh karena itu, akan lebih baik jika dalam menjual, kita mempertemukan pelanggan dengan manusia asli agar konsumen dapat merasakan hubungan personal yang baik dengan produsen.

2. Kemungkinan kehilangan data

Beberapa sistem CRM saat ini memang akan melakukan back-up data di cloud. Akan tetapi tidak semua sistem dapat melakukannya. Sehingga kita perlu memback-up data secara manual. Tentunya hal ini membuat kita harus lebih teratur. Jika tidak, maka kita akan kehilangan data. Namun, perlu diingat bahwa sistem penyimpanan di cloud pun dapat bermasalah apabila jaringan internet kita bermasalah.

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa CRM merupakan sistem yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas usaha, sehingga usaha yang kita jalani mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Meskipun begitu, tidak semua sistem pada CRM berdampak positif. Hal ini didukung dengan hilangnya unsur manusia pada sistem CRM ini.

Itulah pembahasan mengenai sistem  Customer Relationship Management (CRM). Semoga dari pembahasan tersebut, kita dapat mengambil pelajaran yang bermanfaat mengenai Customer Relationship Management (CRM). Saya mohon maaf jikalau dalam penulisan artikel ini terdapat banyak kekurangan dan ketidakjelasan, karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah. Terima kasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun