Mohon tunggu...
Wahyu Diansyah
Wahyu Diansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang (Teknik Informatika)

Mencintai diri sendiri berarti memahami bahwa kamu tidak perlu menjadi sempurna untuk menjadi baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Algoritma Artificial Intelligence

21 September 2022   23:07 Diperbarui: 21 September 2022   23:13 22 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pesatnya perkembangan teknologi telah menciptakan hal-hal baru yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Salah satunya memiliki teknologi kecerdasan buatan. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk bertindak seperti manusia. Teknologi ini dapat berpikir secara rasional seperti manusia dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan tertentu. Bagian dari kecerdasan buatan ini adalah pembelajaran mesin, yaitu pikiran yang dapat memikirkan keputusan mana yang benar berdasarkan apa yang dipelajarinya.

Perusahaan yang menggunakan AI dapat menghemat anggaran karena pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia dapat dilakukan oleh AI. Di sisi lain, ketika teknologi mulai mengancam untuk menggantikan manusia, tidak dapat dipungkiri bahwa manusia harus terus mengupgrade diri agar dapat bertahan hidup.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas fakta menarik seputar kecerdasan buatan (AI).

1. Komponen kecerdasan buatan

Kecerdasan buatan memiliki komponen-komponen tertentu sehingga dapat berpikir dan bertindak seperti manusia. Komponen-komponen ini adalah:

- belajar

Sama seperti manusia yang harus terus belajar untuk membuat keputusan yang baik, teknologi AI juga harus belajar. Pembelajaran paling sederhana dapat menggunakan pelatihan dan pengujian untuk memecahkan masalah tertentu.

- penalaran

Untuk dapat mengambil tindakan yang tepat, Anda harus dapat menemukan alasan yang tepat mengapa Anda harus bertindak. Penalaran dibagi menjadi metode deduktif dan induktif. Penalaran induktif banyak digunakan dalam penelitian ilmiah sedangkan penalaran deduktif lebih banyak digunakan dalam logika dan matematika.

- Menyelesaikan masalah

Komponen lain yang harus dimiliki AI adalah problem solving. Dalam kecerdasan buatan, dapat digambarkan sebagai pencarian sistematis melalui berbagai kemungkinan tindakan untuk mencapai beberapa tujuan atau solusi yang telah ditentukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan