Mohon tunggu...
Wahyu Di
Wahyu Di Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Wahyu di

۞ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيّدِنَا مُحَمَّدٍﷺ۞

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengabdian di PP. Almas'udiyah Syekh Mahdali

18 Oktober 2020   02:42 Diperbarui: 20 Oktober 2020   05:57 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tahun lalu saya dari Pp Raudatul Ulum Arahmaniyah di  beri tugas untuk mengabdi di

 Pp. Almas'udiyah syekh madali Dompu NTB saat itu juga  saya terkejut dengan keputusan pengasuh dengan sepontan saya menolaknya, karna jauh dari orang tua dan saya belum siap untuk mejalaninya

akan tetapi para pengasuh dan kiyai saya meyakinkan saya kalok saya bisa melakukan belajar mengajar di Pp. Almas'udiyah syekh madali Dompu NTB, dan itu juga saya tidak bisa menolak dari keputusan pengasuh tersebut siap tidak siap saya harus siap

 pada saat itu juga saya dan kawan saya yang di tugaskan di sana langsung berkemas-kemas pakaian dll  setelah sholat azhar saya   di jemput oleh pengasuh  Pp almas'udiyah syekh mahdali Dompu dengan meyakinkan diri saya berangkat dengan bismillah 

sebelum berangkat ke Dompu saya masih mampir ke rumah meminta ijin dengan orang tua  bahwa saya di tugaskan di Pp.almas'udiyah syekh mahdali Dompu 

dengan itu juga orang tua saya sangat berat untuk mengijinkannya, karena tempatnya jauh dan tidak bisa pulang sebelum masa pengabdian selesai, karena itu keputusan pesantren atau pengasuh dan kedua orang tua saya pun meridoih untuk berangkat ketempat pengabdian tersebut

Sesampainya di sana esoknya saya bertemu dengan santri di sana kurang lebih 200 santri hari ke-2 saya  kebingungan karna tidak tau apa yang mau saya sampaikan kepada santri di sana dan saya pun ingat dengan pesan kiyai kamu pasti bisa mengajar santriwan dan santri di sana pada saat itu saya mulai tenang dan Alhamdulillah berjalan lancar sampai masa pengabdian selesai

 Selam sebulan saya di kasih uang jajan Rp 400.000 uang tersebut buat membeli kebutuhan se hari-hari saya seperti rokok Rp 20.000 kira-kira segitu,  makanan ringan sekitaran Rp5000 paket internet Rp50.000 dan Alhamdulillah biaya makanan dan keperluan sabun madi sudah di sediakan dari sana

Nah dari ulasan singkat ini yang sudah saya gambarkan, kira-kira seperti itulah biaya hidup saya di masa pengabdian dan kurang lebihnya mohon maaf.

Terima kasih 


(Emilia-STIAMAK Barunawati, www.stiamak.ac.id,20.1-.2020)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun