Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Memasak Ikan Bandeng Pindang Serani yang Berkuah Segar, Bening, dan Nikmat

24 Juni 2022   13:50 Diperbarui: 24 Juni 2022   17:29 1070
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bandeng Pindang Serani, berkuah segar, bening, dan nikmat. | Foto: Wahyu Sapta.

Ikan bandeng merupakan ikan yang dapat hidup di air tawar, payau dan air asin. Ikan yang sering dijadikan lauk pauk ini, banyak dibudidayakan di area tambak oleh masyarakat Indonesia.

Hampir semua wilayah di Indonesia menyebutnya dengan nama yang sama. Tetapi ada loh, menyebutnya dengan nama beda. Masyarakat Makassar menyebutnya dengan sebutan Ikan Bolu.

Ikan bandeng memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain, mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, baik untuk kesehatan jantung karena mengandung omega 3 yang dapat mengendalikan tekanan darah, kolesterol, trigliserida.

Bandeng juga mampu memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, dan mencegah demensia terutama pada lansia. Lalu bisa menjaga kesehatan kulit, dan mencegah penuaan dini. Duh, duh, banyak banget manfaatnya.

Tetapi tak hanya banyak mengandung gizi serta manfaat seperti di atas, ikan bandeng menjadi salah satu ikan yang digemari dan favorit karena memiliki rasa yang lezat, enak, gurih, dan berdaging lembut. Meskipun ikan bandeng ini memiliki banyak duri, tetapi tetap digemari.

Ada beberapa cara untuk mengatasi duri. Misalnya sebelum ikan diolah, dicabut terlebih dahulu durinya baru kemudian dimasak. Bahkan ada yang menjadikan ikan bandeng menjadi ikan presto dengan duri lunak, sehingga duri bisa dimakan bersama dagingnya.

Penyajian ikan ini juga beragam. Kita dapat mengolah ikan bandeng dengan cara menggoreng, merebus, memanggang, atau membakarnya. Tetapi yang paling sehat adalah dengan merebusnya.

Baiklah, di akhir pekan ini saya mencoba memasak ikan bandeng dengan cara merebusnya. Kebetulan tadi pagi Mas Penjual Sayur membawa ikan bandeng segar. Cocok nih. Sudah terbayang kesegarannya. Ya! Saya ingin memasak Bandeng Pindang Serani.

Ibu saya dulu sering memasaknya dan saya suka sekali dengan masakan ini. Rasanya yang segar, gurih, dengan aroma ikan bandeng segar yang manis, menjadikan saya tidak sabar memasaknya untuk keluarga di rumah.

Resep Bandeng Pindang Serani konon merupakan masakan khas Jepara. Masakan berkuah segar, bening, dan berwarna kuning. Beraroma rempah, seperti jahe dan serai. Kuah masakan ini terasa asam segar karena memakai asam jawa dan tomat. Bisa saja ditambahkan belimbing wuluh sebagai pengganti asam jawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun