Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kesibukan Bunda Menjelang Ramadan

30 April 2019   09:58 Diperbarui: 30 April 2019   10:05 0 12 5 Mohon Tunggu...
Kesibukan Bunda Menjelang Ramadan
Ilustrasi: Wahyu Sapta

Ramadan Sebentar Lagi

Ramadan, adalah sebuah momen yang ditunggu-tunggu. Selama satu bulan penuh, umat muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa. Bulan dimana umat muslim berpuasa, merupakan ibadah wajib, seperti ibadah wajib lainnya. Yaitu tidak makan dan minum, dari imsak hingga magrib. Juga tidak melakukan perbuatan yang membatalkan puasa.

Ramadan, juga merupakan bulan yang istimewa. Bulan seribu bulan. Bulan dimana amal kebajikan mendapat pahala yang berlipat ganda. Bulan penuh ampunan. Bulan penuh magfiroh. Bulan dimana umat muslim berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Menjaga tingkah laku, agar tidak merusak amalan saat berpuasa.

Tentu saja bulan ramadan amat dinanti. Dengan penuh suka cita. Termasuk seluruh keluarga. Biasanya, bulan ramadan ini adalah kesempatan emas untuk mempererat jalinan kekeluargaan. Saat santap sahur dan berbuka, akan dilakukan bersama dengan keluarga.

Adalah tugas bunda, untuk mempersiapkannya. Apa saja kesibukan bunda saat bulan ramadan?

1. Merencanakan Kebutuhan Selama Bulan Ramadan

Bunda memiliki tugas untuk mengatur kebutuhan rumah tangga. Demikian juga saat bulan ramadan. Agar kebutuhan tidak membengkak selama bulan ramadan, maka perlu perencanaan sebelumnya. Apalagi bulan ramadan adalah istimewa. Dimana biasanya saat menyajikan makanan untuk berbuka dan sahur menjadi lebih istimewa. Mencatat segala kebutuhan agar tidak ada kebutuhan yang terlewat, maupun kelebihan kebutuhan agar tidak mubazir. Bolehlah sedikit istimewa, karena ramadan adalah momen istimewa. Asal tak berlebihan, ya.

2. Berbelanja Kebutuhan Menjelang Ramadan

Biasanya sih kebutuhan untuk santap sahur dan berbuka. Kebutuhan jangka panjang ataupun kebutuhan jangka pendek. Kebutuhan jangka panjang, misalnya makanan yang bisa disimpan lama dan praktis. Seperti nugget, kornet, atau makanan siap saji lainnya. Karena bisa disimpan lama dalam freezer dan praktis. Sedangkan kebutuhan jangka pendek, misalnya ikan, daging, sayur, ada baiknya dipersiapkan saat mendekati puasa. Dan yang tetap diingat, secukupnya saja ya, agar tidak mubazir.

3. Merencanakan Menu Saat Berbuka dan Sahur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x