Mohon tunggu...
Wadiyo
Wadiyo Mohon Tunggu... -

I’m full blogger from Indonesia, and have been blogging since 2014. My skills are Finance and Accounting. My blog called ManajemenKeuangan.net to help people find the best finance and accounting reference.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Bagaimana Cara Mudah Membuat Laporan Laba Rugi

16 Agustus 2018   13:16 Diperbarui: 21 Agustus 2018   08:46 1599 0 0 Mohon Tunggu...

Laporan Laba Rugi adalah salah satu dari 4 (empat) Laporan Keuangan, yaitu: Neraca, Laporan Ekuitas Pemilik, dan Laporan Arus Kas.

Untuk dapat membuat Laporan Laba Rugi dengan cepat, maka kita harus mengetahui dulu, apa saja komponen yang menyusun Laporan Laba Rugi.

Ada 2 (dua) komponen utama yang menyusun sebuah Laporan Laba Rugi, yaitu:

1. Penerimaan Pendapatan

2. Biaya atau beban-beban usaha

Kedua komponen atau elemen utama penyusun Laporan Laba Rugi tersebut, bila dijelaskan secara detail, maka:

Pendapatan atau penerimaan

Komponen ini berasal dari penerimaan atau pendapatan atas jasa atau produk yang kita alihkan atau kalau jasa berarti yang diberikan ke pihak lain, bisa perorangan, lembaga, organisasi, institusi atau entitas lainnya.

Contoh: Menjual produk fashion, elektronik, otomotif, menyelenggarakan kursus akuntansi, menjual jasa akuntansi & keuangan, menjual accounting tools + SOP dan lain sebagainya.

Dan bila di perusahaan dagang dan manufaktur (industri) maka kita mengenal HPP atau harga pokok penjualan, sedangkan kalau jenis perusahaan jasa tidak ada HPP.

Apa itu HPP?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x