Mohon tunggu...
Viska Aura Arzali
Viska Aura Arzali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya adalah mendengarkan lagu dan kepribadian saya lemah lembut,topik konten yang saya sukai yaitu grocery shopping.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 3 Universitas Katolik Parahyangan

18 Oktober 2022   18:09 Diperbarui: 18 Oktober 2022   18:11 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari minggu tanggal 16 Oktober 2022 saya mengikuti rangkaian kegiatan geladi hominisasi. Kegiatan tersebut diawali dengan tugas pra geladi, tugas tersebut berupa mendengarkan lagu Indonesia raya 3 stanza dan memilih salah satu syair nya. 

Saya memilih syair " Marilah kita mendoa, Indonesia bahagia ", karena dalam syair tersebut terdapat doa dan harapan bangsa Indonesia yang ingin bahagia. 

Karena seperti yang kita tahu Indonesia sebelumnya dijajah oleh bangsa lain, maka rakyat Indonesia menuangkan harapan tersebut ke dalam lagu kebangsaan kita yaitu Indonesia Raya. Dan tugas pra geladi yang lain yaitu memilih salah satu film dokumenter dan mencari bagian yang menurut kita menarik.

Kegiatan geladi hominisasi diselenggarakan secara daring(online) melalui aplikasi zoom yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok dipindahkan ke breakout room masing-masing kelompok. Kelompok saya lalu berdiskusi di dalam breakout room tersebut, kami berdiskusi tentang hari peringatan sumpah pemuda 28 Oktober. 

Setelah kami selesai berdiskusi, kami langsung mempresentasikan hasil diskusi kami kepada dosen yang ada di dalam breakout room kami bersama 2 kelompok yang lain. Lalu dosen akan menilai dan memutuskan siapa yang berhasil menang dan akan mengikuti final di main room bersama kelompok yang menang lainnya.

Pengalaman yang saya dapat dari adanya kegiatan geladi hominisasi ini yaitu saya jadi lebih berani untuk mengemukakan pendapat saya. Dan juga saya dilatih untuk berfikir secara cepat tapi rasional.

Menurut saya kemampuan menggunakan logika dan bahasa sangat penting karena dengan itu pendapat kitab isa dengan mudah diterima oleh orang lain. Dan manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan ini adalah saya bisa melatih public speaking saya agar dapat lebih baik. 

Oleh karena itu kemampuan yang bisa saya terapkan dalam kegiatan kuliah yaitu mampu berfikir secara masuk akal dan tidak bertele-tele. Caranya adalah dengan saya terus menerus melatih kemampuan tersebut dalam setiap mata kuliah yang ada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun