Mohon tunggu...
Mauraqsha
Mauraqsha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Staff Biasa di Aviasi.com

Penggemar Aviasi namun terjun di Pariwisata, berlayar pilihan pertama untuk liburan, homestay dan farmstay piihan pertama untuk penginapan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengenal Sedikit Nancy Pelosi

7 Agustus 2022   20:28 Diperbarui: 7 Agustus 2022   21:26 211 23 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto : Wikimedia Commons

Nama Nancy Pelosi telah menghiasi berita utama di media baik offline maupun online di seluruh dunia akhir akhir ini karena kunjungan nya ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Siapakah Nancy Pelosi dan bagaimana sepak terjangnya serta pandangannya yang membuat dia menduduki salah satu posisi penting di Amerika dimana dia menjadi wanita pertama dan satu satunya hingga kini yang menjabat sebagai Speaker of the House of Representative atau Presiding Officer (Ketua DPR Amerika).

Jabatan ini merupakan jabatan yang membuat siapapun yang memegangnya sebagai pihak di urutan kedua setelah Wakil Presiden Amerika untuk bertindak sebagai Presiden Amerika jika ada  sesuatu hal sesuai dengan konstitusi.

Nancy Pelosi berasal dari keluarga percampuran Itali Amerika yang lahir pada tanggal 26 April 1940 dari pasangan Annunciata M. "Nancy" D'Alesandro dan Thomas D'Alesandro Jr, sang bapak dikenal sebagai politisi handal pada jamannya.

Karir politik Pelosi mulai beranjak di California setelah Pelosi pindah ke San Francisco, dimana pada tahun 1977 dia terpilih sebagai anggota Komite Nasional partai Demokrat, komite ini bertugas untuk mengkordinasi strategi dengan para kandidat yang mencalonkan sebagai pejabat politik di semua level baik itu lokal , state maupun nasional.

Pada tahun berikutnya Pelosi terpilih sebagai ketua demokrat untuk California Selatan dan sejak tahun 1981 hingga 1988 menjadi ketua partai demokrat untuk negara bagian California.

Pelosi kemudian dicalonkan oleh Sala Burton untuk menggantikannya sebagai anggota DPR Amerika dari negara bagian California, Sala Burton ketika pada tahun 1986 mengalami gangguan kesehatan.

Pada tanggal 7 Februari 1987 tepatnya seminggu setelah disumpah sebagai anggota DPR untuk kedua kalinya, Sala Burton meninggal dunia, dan setelah memenangkan pemilihan untuk menggantikannya, Nancy Pelosi resmi menjadi anggota DPR Amerika pada bulan Juni 1987.

Pada pemilu midterm 7 November 2006 partai demokrat mengalahkan partai republik dimana hal ini membuka pintu bagi Pelosi yang ketika itu menjabat sebagai house minority leader untuk dinominasikan sebagai Speaker of the House untuk periode selanjutnya.

Dan setelah memenangkan pemilihan Speaker of the House Nancy Pelosi resmi menjadi Ketua DPR Amerika pada tanggal 4 Januari 2007, jabatan ini dipegang olehnya hingga 2011 setelah dia berhasil mempertahankannya pada pemilu 2009.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan