Mohon tunggu...
Viola Wahyuni
Viola Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semua butuh proses

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa sih Gangguan Perkembangan dalam Menulis?

11 April 2021   03:37 Diperbarui: 11 April 2021   07:36 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Gangguan perkembangan menulis 

Seperti halnya keterampilan membaca, perkembangan keterampilan menulis pada anak itu dimulai pada usia pra sekolah, atau sekitar usia 2 tahun sampai 3 tahun. Pada umumnya, anak pada usia ini sudah mulai mengenal bentuk-bentuk bangun baik itu bangun dua dimensi maupun bangun tiga dimensi, pada usia ini pula, mereka sudah mulai mengenal beberapa jenis huruf, terutama huruf-huruf yang digunakan dialam nama mereka.Mengajari anak menulis bisa dilakukan bersamaaan dengan mengaji mereka membaca. Namun, kadangkala porsi dua kegiatan pembelajaran itu akan berat sebelah, dalam artian otang tua cenderung lebih memfokuskan anak untuk bisa membaca terlebih dahulu, baru kemudian mengajari mereka menulis. Pada sisi lain, ada juga orang tua yang memberikan porsi pembelajaran yang seimbang untuk kedua jenis keterampilan itu -- anak pada waktu yang bersamaan diajari agar bisa membaca dan juga untuk bisa menulis rangkaian huruf.

Seperti juga perkembangan keterampilan lain pada anak, perkembangan keterampilan menulis pada anak juga mempunyai beberapa permasalahan, dari berbagai permasalahan yang dihadapi anak, beberapa yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

a.Permasalahan yang berkaitan dengan konsentrasi anak

b.Permasalahan yang berkaitan dengan jarak dan pengurutan

c.Permasalahan yang berkaitan dengan daya ingat si anak

d.Permasalahan ya ng berkaitan dengan keterampilan motorik si anak.

2.Tanda-tanda gangguan perkembangan menulis

Model pembelajaran top-down, yang membuat anak lebih cepat menguasai keterampilan membaca, itu apabila diterapkan untuk keterampilan membaca kadangkala malah menjadi kurang efektif. Sebaliknya, strategi botto-up, dirasakan malah dapat lebih efektif dalam melatih anak menguasai keterampilan menukis. Hal ini dikarenakan perkembangan keterampilan penulis itu berkaitan dengan perkembangan lain dari si anak, misalnya perkembangan keterampilan membaca, perkembangan motorik kasar maupun halus si anak, dan juga perkembangan, kognitif, emosi dan mentalnya. Oleh karena itu, jika salah satu perkembangan tersebut mengalami kendala atau bermasalah, maka hal itu akan mempengaruhi perkembangan yang lain.

Adapun tanda-tanda gangguan perkembangan menulis:

a.Kesulitan menulis secara lengkap

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun