Mohon tunggu...
vilia eirine
vilia eirine Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang memilki minat di bidang bisnis dan ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Manager di Era Globalisasi

28 Maret 2024   16:14 Diperbarui: 28 Maret 2024   16:18 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh fauxels dari Pexels


Di era globalisasi, budaya organisasi menjadi faktor penting yang menunjang kesuksesan para manager. Budaya organisasi yang kuat dapat membantu manager dalam memimpin dan mengelola timnya di tengah berbagai tantangan dan peluang global.

Budaya Organisasi: kendala dan tantangan
Masing-masing dari kita memiliki ciri dan karakteristik kepribadian unik yang memengaruhi cara kita bertindak dan berinteraksi dengan orang lain. Saat kita mendeskripsikan seseorang sebagai orang yang hangat, terbuka, santai, pemalu, atau agresif, kita sedang mendeskripsikan ciri-ciri kepribadian. Suatu organisasi juga mempunyai kepribadian, yang kita sebut budayanya. Dan budaya tersebut mempengaruhi cara karyawan bertindak dan berinteraksi dengan orang lain

Apa Itu Budaya Organisasi?
Budaya organisasi digambarkan sebagai nilai-nilai bersama, prinsip-prinsip, tradisi, dan cara melakukan sesuatu yang mempengaruhi cara anggota organisasi bertindak dan yang membedakan organisasi dari organisasi lain. Di sebagian besar organisasi, nilai-nilai dan praktik bersama ini telah berkembang seiring berjalannya waktu dan menentukan, sebagian besar, bagaimana “segala sesuatunya dilakukan di sini.”
Definisi kami tentang budaya menyiratkan tiga hal. Pertama, budaya adalah persepsi. Ini bukan sesuatu yang dapat disentuh atau dilihat secara fisik, namun karyawan merasakannya berdasarkan apa yang mereka alami dalam organisasi. Kedua, budaya organisasi bersifat deskriptif. Hal ini berkaitan dengan bagaimana anggota memandang budaya dan mendeskripsikannya, bukan pada apakah mereka menyukainya. Terakhir, meskipun individu mungkin memiliki latar belakang berbeda atau bekerja pada tingkat organisasi berbeda, mereka cenderung menggambarkan budaya organisasi dalam istilah yang sama. Itulah aspek budaya yang dimiliki bersama.


Penelitian menunjukkan enam dimensi yang muncul untuk menangkap esensi budaya organisasi

1. Kemampuan beradaptasi – Sejauh mana karyawan didorong untuk inovatif dan fleksibel serta berani mengambil risiko dan bereksperimen.

2. Perhatian terhadap detail – Sejauh mana karyawan diharapkan menunjukkan ketelitian, analisis, dan fokus pada detail.

3. Orientasi hasil – Sejauh mana manajemen menekankan hasil dibandingkan teknik dan proses yang digunakan untuk mencapainya.

4. Orientasi manusia – Sejauh mana keputusan manajemen mempertimbangkan dampak hasil terhadap orang-orang di dalam dan di luar organisasi.

5. Orientasi tim – Sejauh mana kolaborasi didorong dan aktivitas kerja diorganisasikan dalam tim, bukan individu.

6. Integritas – Sejauh mana orang menunjukkan kejujuran dan prinsip etika yang tinggi dalam pekerjaan mereka.


Bagaimana Budaya Mempengaruhi Manajer

Seperti yang telah kita pelajari, semua karyawan organisasi—termasuk manajer dipengaruhi oleh budaya organisasi. Pengaruh tersebut dalam membentuk cara pengambilan keputusan, perilaku seperti apa yang harus ditunjukkan, pakaian yang pantas, dan sejenisnya tidak perlu dituliskan. Faktanya, jarang sekali terjadi. Namun melalui kriteria seleksi, proses sosialisasi, artefak, ritual, dan jargon, organisasi menyampaikan sejumlah hal kepada manajer. Salah satu hal tersebut adalah cara yang benar dalam mengambil keputusan: apakah pengambilan risiko itu bermanfaat, apakah menjadi pahlawan individu atau pemain tim, atau pilihan gaya pengambilan keputusan yang mana.


Manajer yang sukses dengan cepat mempelajari apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan dalam organisasinya. Misalnya, Anda tidak akan menemukan nilai-nilai berikut ini secara tertulis, namun masing-masing nilai berasal dari organisasi nyata.

•Terlihat sibuk, meskipun sebenarnya Anda tidak sibuk.

•Jika Anda mengambil risiko dan gagal di sini, Anda akan membayar mahal untuk itu.

•Sebelum Anda mengambil keputusan, jalankan keputusan tersebut oleh atasan Anda agar dia tidak terkejut.

•Kami membuat produk kami hanya sebaik yang dipaksakan oleh persaingan.

•Apa yang membuat kita sukses di masa lalu akan membuat kita sukses di masa depan.

•Jika Anda ingin mencapai puncak di sini, Anda harus menjadi pemain tim.

keputusan seorang manajer dipengaruhi oleh budaya di mana dia beroperasi. Budaya suatu organisasi, terutama budaya yang kuat, membentuk dan membatasi cara manajer merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan.



Globalisasi?

Globalisasi mengacu pada proses dimana organisasi mengembangkan pengaruh atau operasi melintasi batas internasional. Ciri khasnya adalah mengasumsikan perbatasan antar negara terbuka dan bebas berdagang. Artinya, misalnya, pemerintah menerapkan tarif perdagangan minimal terhadap barang-barang yang masuk ke negara tersebut. Ketika sepenuhnya berjalan, globalisasi akan memungkinkan pergerakan bebas orang, barang, investasi, dan teknologi informasi mengalir melintasi batas negara.

Para manajer pada dasarnya mempunyai satu dari tiga sikap yang membentuk penerimaan atau penolakan mereka terhadap globalisasi dan gaya manajemen mereka. Yaitu etnosentris, polisentris, dan geosentris :

  • Sikap etnosentris adalah keyakinan parokial bahwa pendekatan dan praktik kerja terbaik adalah yang dilakukan di negara asal (negara di mana kantor pusat perusahaan berada). Manajer dengan sikap etnosentris percaya bahwa orang-orang di luar negeri tidak memiliki keterampilan, keahlian, pengetahuan, atau pengalaman yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis seperti halnya orang-orang di negara asal mereka.
  • Sikap polisentris adalah pandangan bahwa karyawan di negara tuan rumah (negara asing tempat organisasi menjalankan bisnis) mengetahui pendekatan dan praktik kerja terbaik dalam menjalankan bisnisnya. Manajer dengan sikap ini memandang setiap operasi luar negeri berbeda dan sulit dipahami.
  • sikap geosentris, berorientasi pada dunia, pandangan yang berfokus pada penggunaan pendekatan terbaik dan orang-orang dari seluruh dunia

Apa Artinya Bagi Manajer?

Dengan globalisasi yang tampaknya akan terus berlanjut, para manajer dan calon manajer perlu memastikan bahwa mereka memiliki sikap dan keterampilan yang dibutuhkan oleh manajemen global.

Manajer perlu terus mengembangkan sikap geosentris dan membangun kepekaan lintas budaya. Mereka harus merasa nyaman bekerja dengan orang-orang dari budaya lain. Dan mereka harus fleksibel terbuka untuk menerima perbedaan dalam bahasa, kepribadian, motivasi, kebiasaan kerja, dan manajemen gaya.

Kesimpulan

Dengan Memahami budaya organisasi dan globalisasi merupakan kunci bagi manager untuk mencapai kesuksesan di era global. Dengan mengembangkan sikap dan keterampilan yang tepat, manager dapat memimpin timnya dengan efektif dan mencapai tujuan organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun