Mohon tunggu...
Vika Nailul Izza
Vika Nailul Izza Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUKA 2020 20107030107 dibuat untuk memenuhi tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Sejarah Legendaris Rinaldo Piaggio, Sang Pencipta Vespa Antik Dunia Mulai 1946 hingga Saat Ini

18 Maret 2021   21:55 Diperbarui: 18 Maret 2021   22:13 322 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Legendaris Rinaldo Piaggio, Sang Pencipta Vespa Antik Dunia Mulai 1946 hingga Saat Ini
otosia.com

VESPAAdakah dari kalian yang belum mengetahui motor antik satu ini? Pasti sudah mengetahuinya semua bukan? Tetapi, pasti banyak yang belum tahu mengenai sejarah dari tahun ke tahun mengenai kendaraan ini dan siapa sih pencipta Vespa legendaris yang mendunia sebenarnya? 

Yup! dari banyak orang, mungkin hanya anak kecil di bawah umur 12 tahun saja yang belum mengenal Vespa asal Italia satu ini kan? Benar saja! Karena, Vespa tergolong skuter yang sudah memiliki umur yang sangat tua. Vespa memang paling legendaris dalam bidang otomotif per-motoran dalam sejarah roda 2 Indonesia, bahkan di dunia sekalipun. Keberadaannya yang tidak pernah habis oleh waktu, dan yang dimulai sejak adanya Vespa 2 hingga Vespa modern saat ini.

Konon katanya nih, sejarah motor antik satu ini memang ada kaitannya dengan masyarakat Italia, loh! Apakah kalian sudah tahu mengenai hal bersejarah satu ini? Jika penasaran, yuk kita bahas bersama. Skuter atau yang lebih dikenal dengan Vespa ini memang memiliki penjualan yang paling besar di sejarah dunia. Tidak heran, nilai beli kendaraan satu ini terbilang lebih unggul dibanding yang lainnya.

Pemilik motor Vespa antik ini siapa sih? Kalian jika memang pecinta motor Vespa ya harus mengetahuinya ya guys! Yuk, kita membahas terlebih dahulu untuk penciptanya. Pemilik pertama kali Vespa di dunia berasal dari negara Italia, orang itu bernama Rinaldo, lebih lengkapnya lagi yaitu Rinaldo Piaggio. 

Untuk sejarah Vespa unik ini bisa dikatakan dan dimulai lebih dari satu abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1884. Wow! Sudah lama sekali ya guys

Perusahaan milik Piaggio sendiri didirikan di Genoa, Italia pada tahun yang sama saat ia menciptakan Skuter satu ini, yaitu di tahun 1884 dibawah pimpinan sang legenda, Rinaldo Piaggio. Rinaldo awal mulanya membuka bisnis yang ia mulai dengan berbagai macam peralatan kapal terlebih dahulu. 

Dari menciptakan rel kereta, gerbong kereta, body truck, mesin dan kreta api itu sendiri. saat terjadi Perang Dunia I, perusahaan milik Rinaldo ini mampu memproduksi sebuah pesawat terbang dan kapal laut. Untuk tahun 1917, lalu Rinaldo membeli pabrik baru di Pisa dan tahun ke 4 kemudian, ia mengambil alih sebuah pabrik kecil yang berada di Pontedera daerah Tuscany Italia.

review.bukalapak.com
review.bukalapak.com
Dari sebuah gambaran yang telah Rinaldo buat mengenai teknologi pesawat terbang, Ia lalu terbesit bayangan sebuah kendaraan yang dibuat dengan menggunakan "Monocoque" atau sering dikenal dengan Unibody Steel Chassis

Garpu bagian depan yang seperti sebuah ban dan dengan mudahnya kapal terbang ini mendarat untuk proses penggantian ban. Mulai dari situ, mendapat hasil  sebuah design yang terinspirasi dan yang sampai saat ini masih berbeda dengan kendaraan lainnya. Maka dari itu pada tahun 1945, bahan- bahan alternatif tersebut ditemukan olehnya. 

Awalnya dibuat memang dengan konsep sebuah kendaraan bermotor yang berkerangka besi dengan dilengkapi lekukan membulat seperti terowong. Part ini sangat mengejutkan guys! Mau tahu apa? Pasalnya, Rinaldo membuat bagian staternya dengan rancangan menggunakan komponen bom dan rodanya sendiri diambil dari roda pesawat yang digunakan saat tempur. Memakan waktu yang cukup lama, dan muncullah untuk pertama kalinya sebuah motor dengan design seri MP5 ini. 

Kendaraan antik ini mempunyai teknologi yang sederhana tetapi, mempunyai bentuk yang amat menarik dan stay cool, bagai binatang yang bersinar, karena bentuk kerangkanya yang sedemikian rupa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x