Mohon tunggu...
Vika Kurniawati
Vika Kurniawati Mohon Tunggu... Freelancer

| Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Rapper Saykoji Saja Menanam Pohon di Candi Prambanan, Kamu Kapan "Siap Darling"?

2 Juli 2019   13:55 Diperbarui: 2 Juli 2019   14:08 110 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rapper Saykoji Saja Menanam Pohon di Candi Prambanan, Kamu Kapan "Siap Darling"?
Saykoji. Doc: Riana Dewie

Candi Prambanan menjadi saksi saat rapper Saykoji yang juga bertalenta sebagai aktor, sukses menanam pohon bersama 500 mahasiswa wakil Yogyakarta. Youtuber Andovi da Lopez, penyiar televisi Tommy Tjokro termasuk saya turut menjadi peserta acara Candi Darling atau Candi Sadar Lingkungan pada 26 Juni 2019.  Semua larut dalam semangat lebih menghijaukan bumi secara masif, diselingi gelak tawa tanda bahagia tentu saja.

Mahasiswa Universitas Kristen Duta wacana, Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Universitas Atmajaya Yogyakarta, serta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga berbaur mahasiswa universitas lain termasuk media melakukan penanaman serentak 250 pohon. Begitu juga 5000 semak berbunga ditanam di seluruh kawasan ikonik tersebut.

Saykojidan gerakan Siap Darling (Sadar Lingkungan)

Penanaman pohon. Doc: Pribadi
Penanaman pohon. Doc: Pribadi

Saat saya menjelajah dunia maya, ternyata Saykoji dan Andovi da Lopez dari Skinny Indonesian 24 bukan hanya berperan serta saat acara penanaman pohon, namun juga memberikan dukungan melalui dunia maya. Hal ini tentu sejalan dengan misi dari gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang menyasar generasi milenial agar tergerak mengejar mimpi masa depan dengan tidak merusak lingkungan. Oya gerakan yang dimulai sejak November 2018 ini juga menyediakan apresiasi dari aktifnya peserta berupa sarana transportasi saat acara offline, merchandise, serta sertifikat.

Kegiatan penanaman tentu saja diarahkan dan dibantu kru pengairan dari Djarum Foundation yang juga menghadirkan para artis pendukung gerakan Candi Darling.  Di sela-sela penanaman pohon, para peserta yang kemudian disebut Darling Squad menyempatkan diri melakukan swafoto dengan para artis. Hal ini wajar dan memang diharapkan semua foto kegiatan disebarkan melalui akun media sosial masing-masing agar semangat gerakan penghijauan merambat secara massif.

Sesi edukasi bibit tanaman. Doc: Riana Dewie
Sesi edukasi bibit tanaman. Doc: Riana Dewie

Kira-kira pohon apa saja ya yang ditanam di area Candi Prambanan dan mahasiswa dari universitas mana saja yang menjadi peserta?  Setelah mengetahui khasiat serta nilai filsafat dari delapan jenis tanaman tersebut, kita menjadi paham bukan mengapa dipilih untuk ditanam di area Taman Wisata (TWC) Unit Candi Prambanan. Adapun semua bibit tanaman tersebut berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation. PPT sendiri didirikan tahun 1979 di Kudus oleh Djarum Foundation memiliki luas area 4 hektar dengan ditanami tanaman langka termasuk pohon Trembesi.

8 jenis pohon yang ditanam pada gerakan Candi Darling:

Djarum Tree of Life. Doc: Riana Dewie
Djarum Tree of Life. Doc: Riana Dewie
1.Sawo Kecik (Manilkara kauki)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN