Mohon tunggu...
Vika Kurniawati
Vika Kurniawati Mohon Tunggu... Freelancer

| Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Oleh-oleh Nusantara dengan Sentuhan "US Ingredients", Bagaimana Rasanya?

26 Januari 2018   13:43 Diperbarui: 26 Januari 2018   13:50 678 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Oleh-oleh Nusantara dengan Sentuhan "US Ingredients", Bagaimana Rasanya?
Poyang. Doc:Pribadi

"Poyang? Kok mirip Ampyang bentuknya?" Pertanyaan sekaligus pernyataan tersebut mengalir dari bibir Saya sendiri saat menatap sejumlah camilan di piring. Saya memang mengenalinya walau sudah lama tidak membelinya di pasar tradisional.

Bodjo. Doc:Pribadi
Bodjo. Doc:Pribadi
Saat ujung lidah bersentuhan dengan permukaan Poyang, maka benarlah dugaan awal Saya. Jika Ampyang terdiri dari gula Jawa yang dicairkan kemudian dicampur dengan kacang, maka berbeda dengan Poyang. Kalau boleh Saya sebut kalau Poyang adalah saudara kembar Ampyang. Kacang dari U.S. Ingredients digunakan salah satu bahan utamanya. Selain Poyang, tentu masih ada sajian lain dari finalis Oleh-Oleh Competition dalam satu meja buffet. Sebut saja Bodjo dengan cita rasa pisang yang mendominasi. Saat tangan kanan Saya meraihnya dari piring, terasa lembut permukaannya, tanda menggunakan bahan berkualitas. Hal berbeda bila menggunakan bahan di bawah standart.

Sajian selanjutnya adalah Tom-tom, dan Hongkong Puff Potato. Di samping bentuknya yang menarik, tentu saja dengan cita rasanya sepadan dengan kualitas bahan yang dipakai. Demikian juga yang dikemukakan chef Haryanto Makmoer dari USDA Council of Chefs selaku instruktur para peserta. Penggunaan bahan yang berkualitas tentu berpengaruh pada cita rasa, dan perbandingan kuantitas bahan tambahan yang diperlukan.

Hongkong Puff Potato. Doc:Pribadi
Hongkong Puff Potato. Doc:Pribadi
Oleh-Oleh Competition sendiri merupakan acara puncak dari serangkaian program khusus kerjasama antara U.S. Ingredients dengan Indonesia Pastry Alliance(IPA). Dimulai dengan berbagai seminar demo dengan pembicara tetap chef Haryanto di tiga kota. Yogyakarta dipilih sebagai kota pertama di mana seminar tersebut dihelatkan pada 25 September 2017.

Chef Haryanto. Doc:Pribadi
Chef Haryanto. Doc:Pribadi
Surabaya kemudian menjadi kota kedua yang menjadi tuan rumah dari seminar Introduction to Baking and Oleh-Oleh Competiton. Sedangkan kota terahkir yang menjadi tempat terahkir seminar demo adalah Bali pada 29 September 2017. Setiap kota kemudian mengirimkan masing-masing peserta yang akan mengikuti lomba utama di Jakarta pada 23 November 2017. Tentu sejumlah prosedur baik pendaftaran online maupun latar belakang peserta dilakukan.

Peserta kompetisi oleh-oleh. Doc:Pribadi
Peserta kompetisi oleh-oleh. Doc:Pribadi
Pada seleksi pertama secara online meliputi pengiriman foto lengkap dengan resep dari tiap peserta dengan tegat waktu 21 Oktober 2017. Seleksi kedua yang dihelatkan di tiga kota akan menghasilkan 15 peserta yang akan dikirimkan ke Jakarta. Dengan komposisi masing-masing 5 peserta dari Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Tom-Tom. Doc: Pribadi
Tom-Tom. Doc: Pribadi
Setiap peserta akan memilih satu dari 3 bahan utama U.S. Ingredients yang meliputi US Dehydrated potato (kentang), California Raisin (Kismis), serta US Pea and Lentil (kacang). Kuantitas penggunaan bahan tersebut tentu disesuaikan dengan resep yang digunakan. Perhitungan akan cita rasa yang menjadi hasil ahkir menjadi dasar utama, karena tema besar yang dipakai adalah oleh-oleh.

Wawancara dengan ketua IPA. Doc:Pribadi
Wawancara dengan ketua IPA. Doc:Pribadi
Melalui wawancara singkat dengan pembicara, maka diperoleh kesimpulan bahwa kompetisi oleh-oleh ini diadakan untuk membantu juga pihak UMKM. Memang peserta ternyata berasal dari UMKM yang mulai lebih aktif berbisnis pastry semenjak kompetisi dihelatkan. Terlihat setiap peserta sudah menyiapkan kemasan produk yang menarik untuk mulai dipasarkan. 

Untuk Saya pribadi, maka kue dari Bodjo paling sesuai untuk lidah Asia. Anda ingin mencobanya juga? Yuk tunggu peluncuran secara resmi produk para peserta Oleh-Oleh Competition by U.S. Ingredients.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x