Mohon tunggu...
Vicki Aryi Usnahtul Zanah
Vicki Aryi Usnahtul Zanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menggambar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

No Insecure, Mulailah Mencinta Diri Sendiri

26 September 2022   07:15 Diperbarui: 26 September 2022   07:22 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NO INSECURE, MULAILAH CINTAI DIRI SENDIRI

Self care dan self love adalah dua hal yang berbeda. Jika self care lebih menggambarkan perawatan diri secara fisik dan mental, sedangkan self love lebih mengarah pada menumbuhkan penerimaan terhadap diri sendiri. Meski berbeda, self care dan self love tetap sama pentingnya untuk kesehatan mental kita. Yuk, kita kenali lebih dalam apa sih self care dan self love itu?

Self love yaitu suatu apresiasi untuk mencintai diri sendiri, tumbuh dari tindakan pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual bisa disebut juga dengan tindakan yang membuat kita dewasa. 

Tapi bukan dengan memenuhi diri sendiri dengan keinginan, Contoh dengan cara jujur terhadap diri sendiri dengan mengakui kekurangan yang kita miliki dan juga menjadi apa adanya diri sendiri serta memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik. Sama halnya dengan mencintai orang lain hanya saja ini dengan mencintai diri sendiri.

Self care yaitu meluangkan waktu untuk hal-hal yang membantu hidup kita dengan baik dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dapat dikatakan tindakan untuk fisik, emosi, relasi, edukasi,dan mungkin saja profesional untuk beberapa orang, kesejahteraan spiritual mencerminkan cara kita menjaga diri sendiri pada tingkat yang paling mendasar.

Kegiatan ini memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kehidupan diri kita, kesehatan dan kesejahteraan individu baik dalam keadaan sehat atau sakit yang dilakukan oleh diri kita sendiri. Pada dasarnya, self care merupakah suatu hal untuk melakukan perawatan diri kita sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita.

Memikirkan keluarga, pacar, teman itu tidak salah tetapi kita juga harus ingat dengan diri kita sendiri, karena diri kita juga butuh perawatan dan perhatian kesehatan mental maupun fisik. Hal ini bukanlah bentuk dari keegoisan atau mementingkan diri sendiri. 

Jika terlalu memikirkan orang lain, kita sampai lupa dengan diri sendiri dan juga bisa tidak mengenali diri kita. Maka mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri kita yang bisa menggoyahkan self care dan self love ini sangatlah penting.

Lalu, hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa mencintai diri sendiri? Berikut cara yang dapat kita lakukan dalam menerapkan self love dan self care:

1. Menjalani hidup sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan