Mohon tunggu...
vhalespi
vhalespi Mohon Tunggu... Wiraswasta - penulis dan wiraswasta

penulis, hobi membaca, menulis dan sejumlah hobi di banyak minat dan bidang lainnya

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel Andai Mereka Bisa Bicara - James Herriott

5 Mei 2023   14:00 Diperbarui: 5 Mei 2023   14:08 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/andai-mereka-bisa-bicara-if-only-they-could-talk

Andai Mereka bisa Bicara

Kali ini saya ingin mengulas novel unik yang telah saya baca. Buku ini berisi kisah nyata James Herriott, seorang dokter hewan yang menulis suka dukanya saat melakukan pekerjaan di sebuah desa di Inggris. Antara teori di sekolah dengan praktek di dunia nyata sangat jauh berbeda dan dia harus bisa berimprovisasi menangani pasien-pasien yang tak bisa bicara ditambah pemilik mereka yang seringkali merasa lebih pintar dari dokter hewan.

Ketika James Herriot yang baru lulus sebagai dokter hewan tiba di desa kecil Darrowby, Yorkshire, dia tak punya bayangan sedikit pun tentang kehidupan yang akan dijalaninya, teman-teman baru yang akan dijumpainya, atau berbagai petualangan yang telah menunggunya.

Buku ini menceritakan tahun pertama James Herriot sebagai dokter hewan di desa Darrowby yang indah, kehidupan sehari-harinya bersama Siegfried Farnon yang eksentrik dan Tristan Farnon yang selalu sial, dan para peternak serta binatang-binatang mereka yang mengandalkan bantuannya.

Dengan gaya berceritanya yang khas,  James Herriot menuturkan cerita yang penuh tawa dan suka cita, tentang manusia dan binatang, serta alam pedesaan yang indah. Buku ini pernah diterbitkan Gramedia sekitar akhir tahun 1970-an atau 1980-an dan diterbitkan ulang. 

Tentu saja penulisnya, James Herriott sudah almarhum saat buku ini dicetak ulang tahun 2019. Tapi karyanya menjadi warisan dan pengingat dari hidup penulisnya sekaligus memberi simpati dan pemahaman tentang cara kerja dokter hewan yang sering tak dipahami atau diketahui orang di luar profesi mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun