Pada mulanya jurnalisme online di Amerika diawali dengan gosip perselingkuhan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Monica Lewinsky, berita ini dibeberkan oleh Mark Drudge pada tahun 1998. Saat itu Mark Drudge menggunakan laptop dan internet untuk menyebar luaskan berita perselingkuhan tersebut, karena itu semua orang yang menggunakan internet mengetahui cerita tersebut.
Jurnalisme multimedia dimulai pada pertengahan tahun 1990-an, berawal dari The Annenberg Washington Program in Communication Policy Studies of Northwestern University yang membuat proyeksi tentang "Perubahan Media Baru" dan mengubah jurnalisme ke arah jurnalisme multimedia.
Dari sana munculah gabungan dari media layananan Digital Inc dari Washington Post dan gabungan antara komputer dan televisi dari CNN Headline News
Awal Mulanya Jurnalisme Online
Struktur organisasi media mulai muncul pada pertengahan tahun 1990-an, pada mulanya beberapa media secara fisik hanya menyediakan produk seperti jurnalisme online, media siaran, dan media cetak.
Kebanyakan media menawarkan produk jurnalistik melalui beberapa platform, media induk juga semakin berkembang dan tersedia dalam versi online. Dimana hal ini juga menyebabkan tingkat kesadaran terhadap jurnalis online bahwa optimalnya konvergensi media akan menciptkan hal baru yang terintergrasi yaitu newsroom.
Selain perusahaan media saja yang mengembangkan perubahan secara online, beberapa startup media digital di Amerika Serikat juga tumbuh secara pesat, dimana bisnis media digital di Amerika menunjukkan penumbuhan yang drastis.
Menurut Jeremy Liew dalam buku Widodo (2020) bahwa media konvensional tumbuh relatif pelan, hal ini dikarenakan adanya kecendurungan yang meremehkan potensi internet sehingga enggan untuk memasuki platform tersebut, hal lainnya adalah mereka belum melihat model bisnis yang menjanjikan untuk kedepannya.
Hal ini disebut sebagai "dilema invator", yaitu dimana mereka tidak ingin perubahan yang menggunakan internet justru akan menjadi kanibal dalam bisnis mereka, karena belum tentu akan menguntungkan, hal ini juga didukung pada masa itu kebanyakan produsen belum mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar dalam mengiklankan produk dengan internet.
Pada saat itu iklan di internet masih terus berkembang sehingga belanja online menggunakan iklan di internet masih terbilang cukup baru dan perlu diperhitungkan.
Startup Media Digital Mulai Berkembang
Startup media digital dengan cepat berkembang dan masuk ke media internet, hal ini membuat mereka mengalami pertumbuhan yang sangat gesit. Pada saat pengguna internet semakin banyak, mereka dapat menjadi pemimpin dan menjadi bagian dari budaya populer.