Mohon tunggu...
Veronica B L
Veronica B L Mohon Tunggu... Lainnya - full time student

penikmat konten visual dan teks

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Memperhatikan Karakteristik untuk Menulis dalam Media Multiplatform

29 September 2021   03:18 Diperbarui: 29 September 2021   03:29 96 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Memperhatikan Karakteristik untuk Menulis dalam Media Multiplatform
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Konvergensi media menjadi faktor penting yang meningkatkan kebutuhan akan kemampuan penulisan dalam multiplatform. Media digital sebagai platform digunakan untuk menjangkau pembaca secara lebih luas.

Gillian Doyle dalam jurnalnya mengatakan bahwa multiplatform adalah strategi yang digunakan oleh institusi media untuk beradaptasi dengan perkembangan internet.

Informasi yang disajikan oleh media cetak kemudian didistribusikan secara digital dengan kemasan yang berbeda. Kenapa bisa begitu? Karena media digital dan media cetak memiliki karakteristik dan segmentasi pembaca yang berbeda.

Konten digital pada situs online dapat dikombinasikan dengan gambar, video, atau tautan yang melengkapi teks. Untuk bisa menjangkau pembaca dari platform digital, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penulis. 

Karakteristik dari teks di media cetak dan media digital diklasifikasikan oleh David dan Jeffrey, penulis Writing: A Manual for the Digital Age.

  • Struktur Tulisan

Tulisan pada media cetak cenderung panjang dan padat karena paragraf yang sedikit dengan banyak kalimat di dalamnya. Konten pada media digital terkesan lebih ringan dengan paragraf yang banyak namun singkat.

  • Fitur

Pada teks media cetak tidak tersedia tautan, sehingga informasi perlu disampaikan secara jelas dan lengkap. Di sisi lain, konten digital memiliki fitur untuk mencantumkan tautan. Fitur tersebut memberikan kesempatan bagi pembaca untuk melengkapi kebutuhan informasi dari laman lain.

  • Desain

Media cetak lebih fokus pada informasi secara tertulis dan cenderung formal, sehingga desain yang digunakan lebih sedikit. Media digital bersifat lebih dinamis dan desain yang unik/menarik dapat menjadi daya tarik bagi pembaca.

  • Sifat

Teks atau tulisan yang telah dicetak tidak dapat diubah lagi, dan memerlukan proses yang cukup panjang sebelum disebarluaskan. Karena bersifat satu arah, informasi pada media cetak cenderung tetap dan lebih kredibel. 

Berbeda dengan media cetak, kemudahan dalam menyunting atau menghapus konten digital memiliki keterkaitan dengan jangka waktu penulisan yang lebih singkat.

Perbedaan karakteristik ini dapat membantu kita untuk membuat karakter tulisan yang sesuai dengan platform yang akan digunakan. Yuk mulai menulis!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan