Mohon tunggu...
Vernanda FadilaArdiani
Vernanda FadilaArdiani Mohon Tunggu... it's a girl

enjoy your life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kimia dan Al-Qur'an

18 Juni 2021   16:11 Diperbarui: 18 Juni 2021   16:43 39 1 0 Mohon Tunggu...

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari kandungan dari suatu bahan kimia, baik bahan kimia alami atau bahan kimia buatan. Ilmu kimia mempelajari unsur-unsur atau senyawa yang tersusun di suatu zat. Ilmu kimia mengkaji tentang sifat materi, struktur materi, komposisi materi, dan perubahan yang terjadi.  Ilmu kimia sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kimia dalam sehari-hari berhubungan dengan makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, dan obat-obatan.

Kimia berasal dari Bahasa arab yaitu al-kimya. Tokoh besar Islam di bidang kimia adalah Jabir ibnu Hayyan. Sebelum manusia melakukan penelitian tentang ilmu kimia, Al-Qur'an sudah lebih dulu menjelaskan tentang kimia di dalamnya. Kimia di dalam Al-Qur'an dijelaskan dalam surat Al-Fathir ayat 12 yang menjelaskan kelebihan dari air. Kemudian pada surat Yunus ayat 61 dijelaskan tentang atom seperti elektron, proton, dan neutron. Materi  partikel   dasar di jelaskan pada surat Az-Zariyat ayat 49.

Manfaat kita mengetahui ayat tentang kimia di dalam Al-Qur'an yaitu agar kita selalu beryukur akan kehadirat Allah Swt. Selain itu, menambah wawasan kita di bidang ilmu pengetahuan terutama tentang ilmu kimia, dan memotivasi kita untuk mempelajari dan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai materi yang terkandung dalam ilmu kimia.

VIDEO PILIHAN