seperti yang kita ketahui, bahwa pasar online atau e-commerce adalah proses transaksi jual beli melalui jaringan internet walaupun banyak iklan yang di tayangkan di televisi tapi sekarang lebih banyak menggunakan iternet sebagai bentuk promosi. industri e-commerce sendiri berkembang sangat pesat di indonesia terutama dalam 3 tahun terakhir.Â
terbukti untuk saat ini, indonesia berada di puncak  10 negara dengan  tingkat perkembangan e-commerce tercepat. tercatat di tahun 2020 pengguna e-commerce di indonesia baik dari shoppe atau tokopedia sendiri sekitar 95,6 juta dan 84,9 jumlah ini meningkat tajam dari tahun 2019.Â
Ada banyak hal yag mendorong perkembangan e-commerce di indnesia meningkat antara lain:
1. Biaya lebih murahÂ
2. Jangkauan yang luasÂ
3. Tidak dibatasi waktu
4. Tidak perlu stok barang
5. Mudahnya mengelola transaksi dan pengiriman
6. kerja di manapun
selain faktor di atas ada beberapa faktor pendorong lain, seperti pajak yang rendah, tidak harus modal yang besar, tidak pusing masalah tempat, bahkan banyak pelajar yang sudah menjadi pengusaha yang sukses padahal di usia yang terbilang masih remaja atau labil. bukan tidak mungkin 5-10 tahun mendatang e-commerce ini bisa menjadi sumber pemasukan untuk negara indonesiaÂ