Mohon tunggu...
Veri Fikasi
Veri Fikasi Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

21 Januari 2021   09:45 Diperbarui: 21 Januari 2021   10:08 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

seperti yang kita ketahui, bahwa pasar online atau e-commerce adalah proses transaksi jual beli melalui jaringan internet walaupun banyak iklan yang di tayangkan di televisi tapi sekarang lebih banyak menggunakan iternet sebagai bentuk promosi. industri e-commerce sendiri berkembang sangat pesat di indonesia terutama dalam 3 tahun terakhir. 

terbukti untuk saat ini, indonesia berada di puncak  10 negara dengan  tingkat perkembangan e-commerce tercepat. tercatat di tahun 2020 pengguna e-commerce di indonesia baik dari shoppe atau tokopedia sendiri sekitar 95,6 juta dan 84,9 jumlah ini meningkat tajam dari tahun 2019. 

Ada banyak hal yag mendorong perkembangan e-commerce di indnesia meningkat antara lain:

1. Biaya lebih murah 

2. Jangkauan yang luas 

3. Tidak dibatasi waktu

4. Tidak perlu stok barang

5. Mudahnya mengelola transaksi dan pengiriman

6. kerja di manapun

selain faktor di atas ada beberapa faktor pendorong lain, seperti pajak yang rendah, tidak harus modal yang besar, tidak pusing masalah tempat, bahkan banyak pelajar yang sudah menjadi pengusaha yang sukses padahal di usia yang terbilang masih remaja atau labil. bukan tidak mungkin 5-10 tahun mendatang e-commerce ini bisa menjadi sumber pemasukan untuk negara indonesia 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun