Mohon tunggu...
Vera Syukriana
Vera Syukriana Mohon Tunggu... guru

meyakini dan mensyukuri adalah awal kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Musik

My Favourite Music

28 Oktober 2020   22:22 Diperbarui: 28 Oktober 2020   22:44 44 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
My Favourite Music
dopri/ belajar pianika


Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Semasa kecil aku senang bermain alat musik pianika. Tapi kesenangan ini tidakku lanjutkan setelah tamat SD. Meskipun begitu sampai sekarang aku masih ingat cara memainkan dan nada dari nyanyi yang aku mainkan dengan pianika pada waktu SD.

Sehingga menjadi ilmu bagiku untuk mengajarkan kepada peserta didikku sekarang. Bersyukur sekali aku mau berlatih waktu kecil, yang membawa manfaat padaku sekarang ini setelah menjadi guru.

Sedangkan musik favoritku adalah musik Upbeat dan Conventional seperti Soundtracks, religious, pop dan country. Dari kecil aku suka menyanyikan musik religius.

Setiap ada penampilan halal bi halal di Mesjid, aku senang nyanyi Cinta Rasul yang dinyanyikan Hadad Alwi dan Sulis. Saking sukanya, kakakku membelikan aku kaset tipnya dan buku lirik nyanyinya. Bagitu juga nyanyi nasyid Raihan.

Setelah SMA, aku juga suka musik pop seperti ST12. Kisahnya sesuai keadaan anak muda saat itu. Mendengar nyanyiannya membuatku terhanyut dalam khayalan.

Sedangkan sekarang, aku tidak begitu menyukai musik. Kesibukan aku bekerja dan menjaga anak-anak membuatku jarang mendengarkan musik.

Aku juga suka alat musik gitar. Ada nyanyi yang membuatku jadi terinspirasi karena keadaan sekarang sehingga aku membuat vidionya. Akupun memasukkannya ke youtube yaitu nyanyi "Muhasabah Cinta dari Edcoustic".

Petikan gitar, dan liriknya yang menyentuh membuatku menghayati nyanyi ini. Sungguh hebat pencipta nyanyi ini.

Aku dan suami membuat vidionya sebagai pesan bagi kami dan kita yang lagi mengalami pandemi ini. Sehingga kita bisa bermuhasabah atas kejadian yang cukup banyak mengacaukan kehidupan kita.

Setelah suamiku mengedit vidionya, aku langsung kirim pada keluarga terdekat dan teman-teman WA. Pesanku, "Assalammualaikum teman-teman, yuk kita bermuhasbah sembari mendengarkan nyanyianku di channel youtubeku ini https://youtu.be/Psac_j-82jY. Semoga dapat menghibur teman-teman."

Alhamdulillah banyak mendapat komentar baik dan cukup memuhasabah Si Pendengar. Jadi, musik itu tujuannya bisa menyentuh dan membuat orang lain lebih baik lagi kalau liriknya bersifat menasehati.

Nah, sekarang anak-anakku lagi senang mendengar nasyid dari nyanyi "Aku Hafizh Quran". Uda Umar bilang, "Umi, Umar sangat suka nyanyi ini."

Aku langsung bertanya,"kenapa Uda Umar suka?"

"Karena Umar mau jadi hafizh Quran dan memberi mahkota untuk Umi dan Abi di surga", jawabnya polos.

MasyaAllah, anak sekecil Umar sudah bisa menyampaikan hal ini pada kami. Kata-katanya sebagai centilan bagiku dan mengandung nasehat. Umar saja mau jadi hafizh Quran, berarti aku juga harus bisa juga menambah hafalanku.

Belum terlambat bagiku menjadi hafizh Quran agar bisa memberikan mahkota untuk Mama dan Papa. Sejak itu, aku termotivasi menjadi lebih baik lagi. Setiap hari aku berusaha hafal 1 ayat atau lebih.

Kejadian ini, sungguh membuat kami merasa Umar anak yabg luar biasa. Dia dapat menahami maksud dari nyanyi yang didengarnya. Artinya, musik juga dapat merubah hidup kita lebih baik lagi. Namun semua, tergantung jenis musik yang kita dengarkan.

Alangkah lebih baiknya kita mendengar nyanyian religi yang manfaatnya cukup merubah kepribadian kita. Dan jauh lebih bagus lagi, kita perbanyak mendengar murottal Alquran dibandingkan musik.

Solok, 29 Oktober 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x