Mohon tunggu...
Venansius Edward
Venansius Edward Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka makan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Gladi Homanisasi

22 November 2022   00:55 Diperbarui: 22 November 2022   00:53 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas PASCA GLADI HOMANISASI

Hai, perkenalkan nama saya Venansius Edward dengan NPM 6032201121 akan menceritakan keseharian saya dari awal Pra Gladi sampai selesainya Gladi Hominisasi ini. Pada hari Senin 14 November saya menerima email dari Gladi Hominisasi, saya kaget karena sedang kuis pada saat itu. Setelah saya selesai mengerjakan kuis saya membuka ternyata benar saya diberi tugas PRA GLADI oleh orang yang berwenangnya untuk dikerjakan paling lama hari jumat. Saat itu juga saya pulang dan langsung saya kerjakan pekerjaan tugas itu, karena saya kurang suka menunda pekerjaan jadi saya mengerjakan 2 tugas yang diberi yaitu mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan mencari hal yang menurut saya menarik dari lagu Indonesia Raya itu. Tugas ke 2 diberi banyak video untuk dipilih salah satu dan saya memilih video berjudul mutualisme, saya mengambil video itu karena menurut saya menarik karena segala yang berbasis menguntungkan akan saya tonton. Setelah saya kerjakan tugas dari Gladi Hominisasi ini, sekitar jam 6:30 PM. Akhirnya karena ada jadwal menonton ALL Star akhirnya saya pergi ke PASAGA setelah mengerjakan tugas itu.

Setelah saya menunggu sampai seminggu, pada hari Sabtu 19 November, saya di email lagi tentang Gladi Hominisasi mengenai bahwa saya boleh mengikuti Gladi Hominisasi karena sudah mengerjakan Pra Gladi kemaren. Saya diberi bagaimana system kerja Gladi Hominasasi lewat fishbone, di beri tips dalam presentasi yang sangat membantu, di beri daftar anggota kelompok dan juga, link zoom untuk bisa dipakai pada hari Minggu. Saya tidur jam 9:30 malam dan bangun pada jam 6:00 pagi di hari Minggu, saya memulai aktivitas dengan mandi dan setelah itu diteruskan dengan makan. Lalu pada jam 7:30 saya menyalakan laptop saya dan membuka zoom.

Setelah itu saya masuk ke room yang telah dikasih dan menunggu. Acara Gladi Hominisasi mulai pada jam 8 dan saya mendengarkan pembicara- pembicara dan memberitahu tata cara kerja Gladi ini. Gladi Hominisasi diawali dengan mars dan dilanjuti dengan kerja kelompok membuat presentasi secara bberkelompok dengan waktu 4 menit tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Kelompok saya akhirnya membuat materi dan Latihan selama sejam. Dan saat sudah waktunya untuk presentasi, kelompok saya yaitu kelompok 4 ada beberapa orang yang membawakan materinya dengan cepat dan harus dibantu dengan yang lain. Dan akhirnya materi presentasi kelompok saya bisa selesai tepat waktu. Dan Dosen juga memberikan apresiasi karena ketepatan waktu itu namun masih kurang dalam pembawaan materi dan intonasinya. Setelah itu kelompok saya dinyatakan tidak menang dan akhirnya mendengarkan contoh- contoh kelompok yang menang.

Gladi Hominisasi ini membuat saya mempunyai refrensi lebih untuk presentasi kedepannya, dan mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan. Saya juga jadi bbelajar kalau ingin berbicara tata bahasanya bisa diatur dulu dengan baik dan sesuai logika tidak dan manner yang berlaku.`Manfaat yang saya dapatkan dalam mengikuti Gladi Homanisasi ini mendapatkan cara yang benar dalam presentasi, kepedean kita saat presentasi, pembawaan kita saat presentasi seperti menambbahkan gestur tubuh, dan mengetahui pentingnya presentasi dan komunikasi yang baik untuk berbbicara kepada orang lain dan salah satu tujuan untuk bbisa membawakan ide kita dengan baik. Sebenarnya saya sudah menerapkan presentasi dengan gestur tubuh Cuma mungkin lebbih diperkuat dalam Intonasinya yang masih harus dilatih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun