Mohon tunggu...
Vanessa Putri Maulidya
Vanessa Putri Maulidya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya adalah belajar bahasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meroketnya Perusahaan Teknologi Keuangan (FinTech) Alibaba

20 Maret 2023   17:52 Diperbarui: 20 Maret 2023   18:27 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara keseluruhan, Alibaba merupakan sebuah perusahaan besar dunia yang bergerak di bidang bisnis e-commerce bernama Alibaba.com. Seiring berkembangnya teknologi, perusahaan ini makin melebarkan sayapnya dengan membangun beragam perusahaan anakan yang juga sukses di seluruh dunia.

Sejarah perusahaan teknologi keuangan (FinTech) Alibaba memiliki tiga periode. Yang pertama adalah periode di mana Jack Ma mendirikan Hangzhou Haibo Translation Agency untuk memberikan layanan penerjemahan kepada pengusaha, mahasiswa, dan insinyur di Hangzhou pada tahun 1992. Selain itu, perusahaan ini juga memberikan kuliah bahasa Inggris. Jack terlibat dalam transaksi perantara dan perdagangan eceran untuk menciptakan keuntungan guna mempertahankan bisnis, yang kemudian menjadi ide dasar terciptanya Alibaba.

Yang kedua adalah periode di mana ia mendirikan China Yellow Pages pada tahun 1995 dan memulai bisnis online. Perusahaan ini merupakan perusahaan pembuat situs web pertama yang ada di China, dan membuat halaman beranda untuk perusahaan kecil dan menengah di Hangzhou, yang memberikan pengalaman masuknya Alibaba ke dalam bisnis e-niaga.

Dan yang ketiga, saat Jack bekerja di departemen pemerintah China dan menciptakan platform e-commerce awal untuk perusahaan besar berdasarkan 27 kategori. Pengalaman yang disebutkan di atas mengarah pada pendirian Alibaba, sebuah perusahaan platform B2B untuk perusahaan kecil dan menengah di Hangzhou. Dia belajar tentang transaksi dari pengalaman pertama, e-commerce untuk perusahaan kecil dan menengah dari pengalaman kedua, dan platform transaksi dari ketiga.

Saat Alibaba memasuki tahap pertumbuhan, ia membangun Tmall, platform e-niaga C2C premium dan berbayar pada tahun 2006, menargetkan produk dan merek tingkat tinggi, selain platform pencarian gratis Alibaba. Pendirian Tmall pada tahun 2006 memberikan peluang baru bagi perusahaan yang kapasitasnya dibangun di atas platform B2B dan C2C. Selain itu, ini membuka jalan bagi Alibaba untuk menjadi saluran penciptaan laba baru melalui e-commerce. Pengenalan Tmall berarti bahwa Alibaba adalah B2B gratis yang aman dan C2C gratis, bersama dengan perusahaan e-niaga seperti Amazon atau eBay. 

Narasumber Jing Cao, seorang ibu rumah tangga dan pekerja kantoran, mengatakan bahwa ibu berpenghasilan menengah membeli produk bayi seperti kereta bayi, popok, dan bedak yang dijual di seluruh dunia dari situs terpercaya, Tmall. Orang lain yang diwawancarai, Yang Xu, seorang pegawai bank, mengatakan bahwa dia berpenghasilan menengah dan membeli parfum dan tas mahal dari Tmall, membayarnya menggunakan Alipay dan kemudian menerima poin.

Metode memotivasi munculnya dan mengendalikan kompleksitas, yaitu, biaya inovasi terbuka di Alibaba, adalah perluasan dari sistem loop umpan balik platform terbuka dan budaya inovasi terbuka. Penciptaan atau penambahan model bisnis baru melalui inovasi terbuka meningkatkan kompleksitas atau ketidakpastian, serta munculnya dari perspektif perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus secara strategis mengerahkan upaya untuk memaksimalkan kinerja model bisnis baru yang muncul melalui inovasi terbuka sambil mengendalikan kompleksitas atau ketidakpastiannya.

Alibaba telah menyumbangkan banyak inovasi model bisnis terbuka dengan dinamika sistem dalam model bisnis e-commerce dalam waktu singkat. Melalui proses ini, Alibaba telah menciptakan sistem yang memungkinkan model bisnis memiliki siklus yang baik melalui pembentukan lingkaran umpan balik. Selain itu, Alibaba terus memperluas dan mengembangkan budaya perusahaannya untuk mempertahankan inovasi terbuka perusahaan, memperkuatnya secara sistematis melalui acara budaya Ali Academy, Ali Day, Ali Competition, dan Ali Team. Upaya tersebut menjadi faktor pendorong bagi Alibaba untuk menjadi perusahaan e-commerce global teratas dalam waktu singkat.

Pengalaman Alibaba selama 20 tahun dalam mengatasi kompleksitas, biaya inovasi terbuka dan kemunculan kembali yang berkelanjutan---penting dalam aspek analisis strategi inovasi terbuka. Pertama, perusahaan ini mengejar inovasi terbuka dengan cepat: menambahkan model bisnis baru, seperti merger dan akuisisi (M&A), menarik bakat baru, dan melakukan investasi. Munculnya kinerja yang dicapai melalui proses tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan jangka pendeknya. 

Kedua, meskipun Alibaba menambahkan berbagai model bisnis baru yang tidak dicoba oleh perusahaan e-commerce lain, seperti Ali Search Engine, platform Ali Advertisement, sistem Ali SNS, Alibaba Health, dan Alibaba Entertainment, tanda-tanda risiko akibat peningkatan pendapatan biaya transaksi atau kompleksitas tidak terjadi. Ketiga, berbagai model bisnis yang ditambahkan Alibaba selalu terhubung dengan umpan balik di seluruh platform perusahaan. Setiap model bisnis selalu dikaitkan dengan platform model bisnis dari seluruh ekosistem Alibaba dengan karakteristik model bisnis terbuka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun