Mohon tunggu...
Vanessa Karsten
Vanessa Karsten Mohon Tunggu... Freelancer - is not really a writer

Mengabadikan momen lewat tulisan. Dian Harapan '21.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Generasi Muda sebagai Tonggak Perubahan Suatu Bangsa.

18 Februari 2021   00:07 Diperbarui: 18 Februari 2021   00:30 1575 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Generasi Muda sebagai Tonggak Perubahan Suatu Bangsa.
Pelajar sebagai salah satu contoh Agent Of Change (dokpri)

Berlangsungnya suatu negara tidak akan maksimal tanpa adanya peran dan campur tangan rakyat, terlebih para generasi muda yang memiliki fungsi-fungsi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, pemuda memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sebelum membahas lebih lanjut, apa sih definisi pemuda itu?

Jika dilihat dari segi usia, pasal 1 ayat 1 UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan berbunyi bahwa batas usia muda dimulai dari 16-30 tahun. Sedangkan menurut draft RUU Kepemudaan, pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Secara umum, pemuda adalah generasi muda yang sangat berpengaruh untuk proses pembangunan bangsa Indonesia.

Pemuda selalu menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa yang dapat mengubah pandangan dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, para pemuda sudah berperan sejak awal abad ke-20 dengan menumbuhkan kesadaran nasionalisme pada masyarakat melalui berbagai organisasi pergerakan nasional. Beberapa gerakan pemuda yang tercatat dalam sejarah adalah Budi Utomo, Sumpah Pemuda, Peristiwa Rengasdengklok, dan masih banyak lagi.

Peran pemuda dalam sejarah pembentukan bangsa sangat memberikan banyak perubahan dari segi pola pikir maupun tindakan dalam mempertahankan eksistensi bangsa Indonesia.

Pemuda memiliki kedudukan penting dan strategis dalam pembangunan nasional karena merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, sekaligus agen perubahan di dalam masyarakat. Maka dari itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan dalam kerangka hukum nasional sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan amanat UUD 1945.

Permasalahan yang banyak dihadapi saat ini adalah mengenai masalah pembentukan karater yang kurang diperhatikan, meliputi arus materialisme dan hedonisme yang mengakibatkan redupnya rasa cinta tanah air.

Selain itu, banyak pemuda zaman sekarang yang mengabaikan persatuan dan kesatuan dengan melakukan tindakan kekerasan maupun kegitan menyimpang seperti tawuran, ujaran kebencian, hilangnya pedoman moral, dan sebagainya.

Beberapa dari mereka masih banyak yang terkesan acuh terhadap masalah-masalah sosial seperti pergaulan bebas, penggunaan narkotika, bahkan penyalahgunaan fasilitas teknologi yang ada. Kemajuan teknologi seharusnya bisa digunakan secara bijak untuk menambah wawasan dan bertukar informasi, bukan untuk mencukupi kesenangan pribadi yang akhirnya mampu menimbulkan pertikaian dan merugikan banyak orang.

Kita generasi muda sekarang ini menjadi harapan bangsa untuk masa depan negara Indonesia. Maka dari itu, bagaimana peran sebagai Agent of Change, melaksanakan peran tersebut dan bagaimana cara kita mengisi masa muda secara positif?

Kita dituntut untuk memiliki power dalam memberikan pengaruh dan menyadarkan masyarakat untuk turut serta melakukan gerakan perubahan sosial serta menjaga perdamaian dengan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, antar suku bangsa maupun antar budaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN